Contoh Makalah Tentang Kebijakan Publik

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Kebijakan Publik - Berbicara dalam Ilmu Administrasi Negara tidak pernah lepas dari pembicaraan tentang "Kebijakan Publik". Ini memang dikarenakan Kebijakan Publik merupakan kajian utama dari Ilmu Administrasi Negara. Lalu apakah yang dimaksud dengan Kebijakan Publik?

Chandler & Plano (1982) dalam kamus “wajib” Ilmu Administrasi Negara, The Public Administration Dictionary, mengatakan bahwa: “Public Policy is strategic use of reseorces to alleviate national problems or governmental concerns”. Secara sederhana dapat diartikan bahwa kebijakan publik adalah pemanfaatan yang strategis terhadap sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah publik atau pemerintah. Chandler & Plano lalu membedakannya atas empat bentu, yakni: regulatory, redistributive, distributive, dan constituent.

Dalam bukunya Harbani Paolong (Teori Administrasi Publik: 2007) terdapat beberapa pengertian Kebijakan Publik dari beberapa ahli. Thomas R Dye (1981), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah “apapun yang dipilih pemerintah untuk dilakukan atau tidak dilakukan”. William N Dunn (1994), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah rangkaian pilihan-pilihan yang saling berhubungan yang dibuat oleh lembaga atau pejabat pemerintah pada bidang-bidang yang menyangkut tugas pemerintahan, seperti pertahanan keamanan, energi, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan masyarakat, kriminalitas, perkotaan dan lain-lain.

Sementara itu, Shiftz & Russel (1997) mendefinisikan kebijakan publik dengan sederhana dan menyebut “is whatever government dicides to do or not to do”. Sedangkan Chaizi Nasucha (2004), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah kwenangan pemerintah dalam pembuatan suatu kebijakan yang digunakan ke dalam perangkat peraturan hukum. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menyerap dinamika sosial dalam masyarakat, yang akan dijadikan acuan perumusan kebijakan agar tercipta hubungan sosial yang harmonis.

Paragraf di atas merupakan pembukaan atau latar belakang dari contoh makalah yang bisa anda pelajari kali ini. Pada contoh ini memang akan dibahas sebuah contoh karya tulis baru yaitu tepatnya Contoh Makalah Tentang Kebijakan Publik. Untuk anda yang membutuhkan referensi materi seperti ini anda bisa membaca berbagai informasi penting dalam contoh yang akan diberikan.

Perlu anda ketahui, khususnya pada contoh ini, tugas makalah pemerintahan kali ini akan menitik beratkan pembahasan pada rumusan masalah seperti di bawah ini.
1. Pengertian Kebijakan Publik
2. Peran dan Fungsi Pemerintah Daerah
3. Kebijakan Publik Daerah

Dari rumusan masalah di atas anda tentu dapat menyimpulkan bahwa makalah ini adalah sebuah contoh karya yang membahas mengenai kebijakan publik pemerintah daerah. Tentu saja, pada setiap pembahasan terkait ini akan dipaparkan terlebih dahulu mengenai definisi umum dan khusus baru setelah itu akan dikaitkan dengan yang lebih pokok seperti pada point nomor 2 dan nomor 3.

Jika kebetulan anda memang sedang mencari Contoh Makalah Kebijakan Publik anda bisa mempelajari contoh lengkap yang akan diberikan, tetapi tidak disini. Anda yang membutuhkan contoh ini bisa mendownload makalah lengkapnya dari tautan atau link yang sudah disediakan.

Tidak perlu ragu, mudah kok untuk mendapatkan contoh ini, sama sekali tidak dipersulit. Anda tinggal klik link yang ada kemudian anda akan dibawa ke halaman untuk download atau menyalin makalah lengkapnya. Mudah-mudahan anda tidak akan menemui kesulitan melakukannya.

Sekedar mengingatkan saja, dalam membuat makalah, proposal atau karya tulis ada baiknya anda benar-benar mengetahui tata penulisan dan juga bagian-bagian makalah yang harus dibuat. Dalam makalah anda juga harus membuat cover, halaman kata pengantar, daftar isi dan lain sebagainya. Jika anda kesulitan membuat halaman-halaman tersebut anda bisa membaca panduan dan melihat contohnya di bagian bawah. 

Contoh Makalah Kebijakan Publik
Contoh Makalah Kebijakan Publik

Cukup singkat saja pembahasan mengenai Contoh Makalah Tentang Kebijakan Publik ini, semoga dengan adanya pembahasan ini anda bisa lebih pintar dalam menyusun makalah yang dibutuhkan. Silahkan dilanjutkan untuk beberapa contoh lain dibagian bawah, sekian terima kasih!