Contoh Makalah tentang Hukum Perdata

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah tentang Hukum Perdata - Puji syukur kehadirat Allah SWT, Sehingga kami dapat menyusun makalah tentang "Hukum Perdata Indonesia". Dengan menyelesaikan makalah ini semoga dapat berguna bagi para pembaca, serta teman- teman sekalian. 

Hukum perdata indonesia merupakan hukum perdata milik bangsa indonesia yang berinduk pada Kitab Undang –Undang Hukum Perdata (KUHPdt) atau Burgerlijk Wetboek (BW). Sedangkan ketentuan KUHPdt itu sudah dicabut dan diganti dengan undang –undang Indonesia , sedangkan sebagian lainnya masih berlaku , walaupun ada anggapan bahwa keberlakunay itu tidak secara mutlak . 

Hal ini disebabkan karna KUHPdt sekarang dianggap tidak lebih dari himpunan peraturan hukum tidak tertulis . Dengan demikian semoga makalah ini dapat berguna bagi para mahasiswa dalam kelancaran proses belajarnya. 

Dapat mengetahui pengertian ,dasar, pembentukan, dan berlakunya hukum perdata . Hal ini mengingat keadaan hukum perdata yang berlaku di Indonesia, baik sebelum maupun sesudah indonesia merdeka.

Dengan demikian , pembahasan mengenai istilah dan pengertian hukum perdata, luas lapangan ,hukum perdata material, sumber hukum perdata ,sejarah terjadinya KUHP, berlakunya KUHP di dindonesia, sistematika hukum perdata , subyek hukum, domisili hukum, catatan sipil, perkawinan, harta dalam perkawinan, putusnya perkawinan, tempat dan mengatur hukum kebendaan dan lain-lain.

Kata pengantar di atas adalah kata pengantar untuk Makalah tentang Hukum Perdata yang bisa anda pelajari di website ini. Demi untuk melengkapi berbagai referensi yang dibutuhkan bagi pengunjung semua dan juga untuk tambahan sumber belajar maka dibahaslah contoh makalah lengkap tersebut.

Sekedar informasi saja, Contoh Makalah tentang Hukum Perdata memiliki beberapa rumusan masalah yang akan dibahas yaitu sebagai berikut:
1. Apa pengertian dan istilah hukum perdata itu seperti apa?
2. Apa saja yang mengatur hukum tentang orang?
3. Hukum keluarga itu seperti apa?
4. Seperti apakah hukum kebendaan dan hukum perikatannya?

Disusunya makalah hukum ini diharapkan dapat memenuhi tujuannya yaitu agar dapat mempermudah dalam belajar mahasiswa dalam mengetahui hukum perdata. Jika anda membutuhkan contoh makalah ini dan berniat mempelajarinya anda bisa melanjutkan membaca cuplikan berikut sebelum mendownloadnya.

Hukum perdata adalah segala peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dan orang yang lain.

Terdapat beberapa unsur yaitu :
1. Peraturan Hukum
2. Hubungan Hukum
3. Orang

Hukum perdata dalam arti luas adalah bahan hukum sebagaimana tertera dalam kitab undang-undang hukum perdata (BW),kitab undang-undang hukum dagang (WVK) beserta sejumlah undang-undang yang disebut undang-undang tambahan lainnya.

Hukum perdata dalam arti sempit adalah hukum perdata sebagaimana terdapat dalam kitab undang-undang hukum perdata (BW). Subekti mengatakan hukum perdata dalam arti luas meliputi semua hukum privat materiil,yaitu segala hukum pokok yang mengatur kepentingan perseorangan.Hukum perdata ada kalanya dipakai dalam arti sempit sebagai lawan hukum dagang.

Soedawi Masjchoen sofwan mengatakan hukum perdata yang diatur dalam KUHperdata disebut hukum perdata dalam arti sempit.Sedangkan hukum perdata dalam arti luas termasuk didalamnya hukum dagang.

Download Makalah Hukum Perdata
http://q.gs/7Y0jv
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya

Pembahasan sederhana mengenai Contoh Makalah tentang Hukum Perdata semoga saja bisa menjadi sumber referensi bagi anda semua khususnya yang sedang menyusun Makalah tentang Hukum Perdata. Anda bisa mempelajari selengkapnya dengan download contoh makalah lengkap ini dari tautan yang telah disediakan.

Jangan lupa catat alamat website ini agar anda lebih mudah dalam mencari berbagai referensi karya tulis lain yang sering anda butuhkan. Lain waktu kita akan ketemu lagi dengan berbagai contoh lainnya. Seeya!