Contoh Makalah Tentang Microsoft Excel Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Tentang Microsoft Excel Lengkap - Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.

Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.

Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa, merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP siswa, presensi kehadiran, dan lain – lain.

Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel. Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.

Apa yang dipaparkan dalam tiga paragraf pembuka di atas bisa kita jadikan sebuah latar belakang pada kajian makalah yang membahas mengenai "microsoft office excel". Sesuai dengan judul yang tertera pada bagian atas, kali ini kita memang akan belajar mengenai program tersebut yaitu dalam sebuah contoh makalah.

Jika anda ingin memperdalam atau ingin mulai belajar mengenal salah satu program yang paling banyak digunakan ini anda bisa membaca materi excel dari contoh makalah yang akan di bahas. Untuk anda yang kebetulan sedang mencari referensi untuk penulisan makalah maka anda bisa menggunakan contoh berikut ini sebagai tambahan bahan atau referensi.

Apakah anda belum tahu bagaimana membuat makalah excel? Jika anda belum pernah membuat makalah seperti ini maka ada baiknya anda membaca sedikit tips mudah membuat makalah. Bagaimana cara membuat makalah dengan mudah, berikut langkah-langkah sederhana untuk membuat makalah (paper):

  1. Memilih tema (pembahasan); Kalau tugas berarti tema pembahasannya sudah ditentukan, misalnya makalah tentang ms office excel
  2. Menyusun kerangka (draft makalah); bisa dengan membuat daftar isi lengkapnya
  3. Mencari bahan (informasi) yang akan dibahas
  4. Menelaah dan menyusun bahan sesuai draft
  5. Menyelesaikan penulisan

Untuk tema anda tidak perlu pusing karena tema pembahasannya telah ditentukan oleh bapak/ibu guru/pengajar. Dari tema yang diberikan kita tinggal membuat draft makalah-nya terlebih dahulu. Jika anda tidak tahu bagaimana susunannya silahkan lihat contoh draft makalah.

Langkah selanjutnya adalah menggali informasi dari berbagai materi baik buku media online dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan cukup bahan kita tinggal menelaah berbagai informasi yang ada untuk kemudian menyusunnya dalam penulisan. Mudah, tidak ribet jadi pasti anda bisa membuat tugas makalah yang diberikan. Sebagai contoh bagaimana sebuah makalah anda bisa mempelajari salah satu makalah tersebut yaitu Makalah Microsoft Excel ini.

Sebagai gambaran bagaimana susunan informasi yang ada pada sebuah makalah berikut ada beberapa petikan atau cuplikan dari contoh ini yaitu tujuan dan rumusan makalah tentang excel. Untuk tujuan, makalah ini disusun agar memenuhi tujuan sebagai berikut:
1. Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel
2. Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar
3. Dapat mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan

Untuk rumusan masalahnya bisa dirumuskan sebagai berikut:
1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?

Dari dua hal di atas sekarang kita tahu pasti bahwa Contoh Makalah Tentang Microsoft Excel ini akan membahas mengenai informasi seperti definisi, cara menggunakan dan cara mengaplikasikan program excel dalam bidang pendidikan.

Pada bagian pertama akan dijelaskan mengenai pengertian ms office excel secara mendalam, setelah itu akan diikuti dengan penjelasan mengenai fungsi program ini. Selanjutnya pada point kedua makalah yang anda susun akan membahas lebih jauh mengenai cara menggunakan excel. Pada bagian selanjutnya akan ada penjelasan mengenai cara mengaplikasikan program ini.

Yang paling terakhir, setelah selesai pada bab pembahasan kemudian akan ada satu bab lagi yaitu bab penutup. Bab penutup makalah akan terdiri dari dua point informasi yaitu kesimpulan dan saran dari penulis. Yang paling akhir, tentu saja, akan dipaparkan juga referensi yang digunakan dalam penyusunan makalah tersebut.

Contoh Makalah Microsoft Excel
Contoh Makalah Microsoft Excel

Sebagai tambahan, makalah seperti ini banyak ditugaskan kepada peserta didik baik itu pelajar dan juga mahasiswa, jika anda membutuhkan contoh lengkap untuk karya tulis ini silahkan salin saja. Cara menyalin Contoh Makalah Tentang Microsoft Excel Lengkap ini yaitu dengan mendownload-nya dai tautan atau link di atas.

Selain contoh ini ada juga beberapa makalah komputer lainnya yang bisa anda pelajar, silahkan lihat di bagian bawah. Karena website ini memang bertujuan untuk memberikan referensi berbagai karya tulis maka saya sarankan bagi anda semua yang sering mendapatkan tugas makalah untuk mencatat alamat ini.