Contoh Makalah Psikologi Pendidikan dan Cara Membuatnya

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Membuat makalah intinya adalah memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya kebenarannya baik berupa fakta maupun analisa. Kali ini Makalah Psikologi Pendidikan akan dibahas secara lengkap bagaimana cara menyusunnya dan juga contoh lengkapnya. Bagi anda yang membutuhkan referensi dan tips membuat makalah ini maka anda bisa mengikuti penjelasan yang akan diberikan berikut ini.

Kalau melihat dari judul makalah ini maka sudah bisa dipastikan bahwa materi atau informasi yang akan di bahas dalam karya tulis ini adalah tentang psikologi pendidikan. Namun jika hanya melihat mengenai hal itu tentu akan banyak informasi yang bisa disajikan. Untuk yang akan di bahas disini tentunya tidak akan terlalu luas agar informasinya bisa lebih rinci.

Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa hal penting berkaitan dengan tema yang dipilih yaitu sesuai dengan rumusan masalah sebagai berikut:
a. Apa yang menyebabkan timbulnya pergaulan bebas di kalangan remaja?
b. Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah pergaulan bebas?
c. Bagaimana hubungan pergaulan bebas di era modernisasi sebagai pemicu runtuhnya moral bangsa ? 

Dari data di atas jelas sudah bahwa adanya penulisan atau penyusunan makalah ini yaitu untuk memberikan referensi informasi yang berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut:
a. Untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan timbulnya pergaulan bebas. 
b. Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi masalah pergaulan bebas.


c. Untuk mengetahui hubungan pergaulan bebas di era modernisasi sebagai pemicu runtuhnya moral bangsa. 

Jelas bukan gambaran yang diberikan dari kedua hal di atas yaitu rumusan masalah dan tujuan penulisan? Dengan mengandalkan informasi tersebut anda bisa saja langsung menyusun tugas makalah ini karena sudah tahu inti dari pembahasan yang akan dilakukan. Meski begitu, anda mungkin akan kesulitan menyusunnya apalagi jika anda baru pertama kali menyusun Makalah Psikologi Pendidikan. Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan tips dan teknik penyusunan yang ada pada uraian berikutnya.

Tips Menyusun Makalah Psikologi Pendidikan

Tidak ada ketentuan baku yang mengharuskan anda mengikuti tips atau langkah mudah menyusun makalah yang akan dipaparkan disini namun setidaknya informasi tersebut bisa membantu anda dalam menyusun makalah ini khususnya bagi anda yang baru belajar dan belum terbiasa membuat makalah.

Agar penyusunan tugas ini bisa berjalan dengan mudah, lancar dan bagus maka anda bisa menggunakan beberapa tahap penyelesaian sebagai berikut:

1. Tahap persiapan dan pengumpulan data
2. Tahap analisis data
3. Tahap penulisan hasil analisis

Dengan tahap-tahap di atas anda bisa bekerja sesuai prosedur dan langkah yang efektif sehingga waktu penyusunan akan terukur. Dalam tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat sebuah konsep atau draft materi yang akan di bahas dan di analisa. Untuk itu anda bisa membuat daftar isi terlebih dahulu sebagai konsep atau draft makalah tersebut. Setelah memiliki draft maka selanjutnya anda akan mencari dan mengumpulkan data dan informasi yang sesuai dengan kerangka yang sudah ada. Anda bisa mencari informasi dari sumber tertulis maupun online.

Setelah merasa cukup dengan bahan materi yang dikumpulkan maka selanjutnya anda bisa mulai ke tahap analisis data. Dalam tahap ini anda akan memahami, menguraikan dan menganalisa berbagai informasi, fakta dan data yang berhubungan. Dari informasi yang anda olah tersebut anda bisa mencatat berbagai point penting yang akan dijabarkan sebagai hasil analisis.

Tahap paling akhir adalah menyusun makalah, dalam hal ini anda akan menguraikan hasil analisa anda terhadap permasalahan yang diangkat dari berbagai sumber yang sebelumnya telah dikumpulkan. Sebagai persiapan anda bisa mencatat berbagai pernyataan ahli yang bisa digunakan sebagai kutipan makalah.

Selanjutnya penulisan makalah ini harus sesuai dengan tata penulisan baku yang disetujui, anda bisa mendapatkan buku panduan penulisan dari instansi terkait baik itu sekolah maupun kampus. Terlihat gampang tapi sebenarnya anda tetap harus bekerja keras jika ingin menyelesaikan makalah ini. Jika anda sudah terbiasa maka langkah ini akan sangat efektif untuk diterapkan dalam penyusunan tugas karya tulis.


Contoh Makalah Psikologi Pendidikan yang Lengkap

Kalau tadi telah dipaparkan secara jelas bagaimana cara mudah menyusun makalah psikologi pendidikan ini sekarang giliran anda mempelajari makalah ini dari contoh yang ada. Manfaat dari adanya contoh lengkap tersebut anda bisa mengetahui bentuk dari makalah tersebut dan juga bagaimana gambaran isi di dalamnya.

Nah, bagi anda yang ingin mempelajari dari contoh tersebut anda bisa melihat dan menyalin langsung contoh yang ada dari tautan yang disertakan. Sebagai catatan, sebaiknya anda menggunakan contoh tersebut sebagai bahan belajar dan referensi saja. Jangan menggunakan contoh tersebut untuk di jiplak karena hal itu akan sangat merugikan bagi diri anda sendiri.

Kalau ingin pintar, belajar dan buatlah makalah anda sendiri dan anda akan mendapatkan banyak manfaat dari hal itu. Sebelum anda melihat contohnya, berikut silahkan baca terlebih dahulu beberapa penggal cuplikan yang diambil dari contoh tersebut.

Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah (Hurlock, 1998). Oleh karenanya, remaja sangat rentan sekali mengalami masalah psikososial, yakni masalah psikis atau kejiwaan yang timbul sebagai akibat terjadinya perubahan sosial. 

Melihat berbagai fakta yang terjadi saat ini, tidak sedikit para remaja yang terjerumus ke dalam lembah perzinahan (Free sex), disebabkan terlalu jauhnya kebebasan mereka dalam bergaul, faktor utama masalahnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat saat ini terhadap batas-batas pergaulan antara pria dan wanita. Disamping itu didukung oleh arus modernisasi yang telah mengglobal dan lemahnya benteng keimanan kita mengakibatkan masuknya budaya asing tanpa penyeleksian yang ketat..

Rusaknya moral remaja dipengaruhi oleh beberapa hal dan yang paling dominan mempengaruhi perubahan moral remaja adalah faktor pergaulan. Oleh karena itu, dengan adanya latar belakang permasalahan yang telah dipaparkan tersebut diatas. Disusunlah makalah mengenai permasalahan remaja terkait pergaulan bebas dengan judul makalah psikologi pendidikan yaitu "Pergaulan Bebas Remaja ditinjau dari segi moral". 

Lengkap bukan, apalagi yang anda tunggu? Anda bisa langsung mulai menyusun tugas yang anda miliki tersebut. Dengan adanya Contoh Makalah Psikologi Pendidikan dan Cara Membuatnya tersebut sangat diharapkan anda bisa mendapatkan tambahan referensi dan bahan belajar yang mendukung proses pembuatan karya tulis yang anda lakukan. Sekian, terima kasih!