Contoh Makalah Problematika Pendidikan Islam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Problematika Pendidikan Islam - Melalui artikel kali ini kita akan belajar menyusun sebuah karya tulis khususnya untuk mata kuliah metodologi studi islam. Yang akan kita bahas adalah cara menyusun makalah khususnya yang membahas mengenai Problematika Pendidikan Islam dalam Dinamika Masyarakat. Dalam uraian ini akan kita pelajari bagaimana kiat-kiat atau tips dalam menyusun makalah tersebut.

Ada dua pokok bahasan yang akan kita ulas, yang pertama yaitu mengenai teknik penulisan makalah dan yang kedua mengenai contoh isi atau pembahasan makalah tersebut. Dengan dua pembahasan ini diharapkan kita akan lebih mudah dan lebih lancar lagi dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan Makalah tentang Pendidikan Islam tersebut. Mari kita mulai pembahasan contoh makalah ini dengan mengulas sedikit mengenai pengertian pendidikan Islam.

Pendidikan islam mempunyai cakupan yang sama luasnya dengan pendidikan umum, bahkan melebihinya, oleh karena pendidikan islam juga membina dan mengembangkan pendidikan agama di mana titik beratnya terletak pada internalisasi nilai iman, islam dan ihsan dalam pribadi manusia muslim yang berilmu pengetahuan luas. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam di negeri kita, adalah merupakan bagian dari pendidikan islam, di mana tujuan utamanya ialah membina dan mendasari kehidupan anak didik dengan nilai-nilai agama dan sekaligus mengajarkan ilmu agama islam, sehingga ia mampu mengamalkan syari’at islam secara benar sesuai pengetahuan agama.

Yusuf al-Qardhawi memberi pengertian pendidikan Islam sebagai Pendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya. Sedangkan menurut Mustafa al-Gulayaini pendidikan Islam adalah menanamkan akhlak yang mulia di dalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiraminya dengan air petunjuk dan nasehat, sehingga akhlak itu menjadi salah satu kemampuan meresap dalam jiwanya kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air.

Selain itu, Endang Syaifuddin Anshori memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah proses bimbingan (pimpinan, tuntunan, usulan) oleh obyek didik terhadap perkembangan jiwa (pikiran, perasaan, kemauan, intuisi dan lain-lain) dan raga obyek didik dengan bahan-bahan materi tertentu dan dengan alat perlengkapan yang ada ke arah terciptanya pribadi tertentu diserta evaluasi sesuai dengan ajaran Islam. Sedangkan Ahmad D. Marimba mendefenisikan pendidikan Islam dengan bimbingan jasmani-rohani, berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.

Materi Makalah Problematika Pendidikan Islam

Hanya sebagai gambaran saja, jika kita akan membuat sebuah makalah yang mengulas tentang Problematika Pendidikan Islam khususnya yang berkaitan dengan dinamika masyarakat maka ada beberapa materi yang bisa kita siapkan. Beberapa materi yang bisa kita sampaikan dalam makalah ini antara lain mengenai definisi yang berkaitan dengan judul dan juga kajian mengenai masalah yang diangkat. 

Dalam hal ini kita dapat menentukan sendiri apa saja yang hendak kita sajikan pada makalah yang kita susun. Sebagai contoh, ada beberapa poin materi yang bisa kita sampaikan yaitu sebagai berikut:

1. Pengertian Pendidikan Islam
2. Pengertian Dinamika Masyarakat
3. Problematika Pendidikan Islam
4. Prospek Pendidikan Islam           

Pada bagian pertama kita bisa membahas mengenai pengertian atau definisi dari pendidikan Islam itu sendiri. Pembahasan kemudian dilanjutkan dengan uraian mengenai dinamika masyarakat dapat berupa pengertian maupun penjelasan detail. Selanjutnya, kita bisa langsung membahas inti kajian kita yaitu mengenai masalah atau problem yang ada seputar pendidikan Islam itu sendiri.

Selain berbagai uraian tersebut sebagai tambahan kita juga bisa menambahkan penjelasan mengenai prospek ke depan dari pendidikan ini. Lebih jauh lagi kita juga dapat membahas poin lain seperti misalnya solusi untuk mengatasi problematika yang terjadi. Tentu saja, beberapa poin materi di atas hanya contoh saja, kita bisa menentukan sendiri apa saja yang akan kita bahas, semua terserah kita.

Selain dari pada berbagai pembahasan atau isi dari makalah tersebut ada juga beberapa materi lain yang bisa dijelaskan. Sebagai contoh beberapa materi yang berkaitan antara lain yaitu:

a. Tujuan pendidikan islam
b. Karakteristik pendidikan islam
c. Ciri pendidikan islam

Sekali lagi, yang dijelaskan di atas hanyalah sebagai gambaran saja mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan isi pembahasan pada karya tulis yang sedang kita siapkan tersebut. Untuk masalah ini semua tergantung dan terserah kepada kita. Kita yang menentukan sendiri apa saja yang akan dibahas. Satu yang pasti, dalam menyampaikan materi tentu saja kita harus melihat rumusan masalah yang diambil.

Contoh Penulisan Problematika Pendidikan Islam

Karena keterbatasan sarana dan sumber daya maka contoh makalah metodologi studi islam ini tidak dapat diberikan secara langsung. Sebagai gantinya, di bawah ini sudah disiapkan sebuah contoh daftar isi dari makalah ini. Kegunaan daftar isi ini adalah antara lain untuk:

a. Memberikan gambaran mengenai tata penyusunan makalah
b. Memberikan gambaran mengenai bagian-bagian makalah
c. Memberikan gambaran mengenai isi makalah

Selain dari beberapa tujuan atau manfaat dari adanya daftar isi berikut, daftar isi makalah ini juga dapat digunakan sebagai draft makalah. Draft ini dapat kita gunakan sebagai panduan dalam menyusun makalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat dan pelajari daftar isi di bawah ini.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
MOTTO
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pendidikan Islam
2.2 Problematika Pendidikan Islam
2.3 Prospek Pendidikan Islam           

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA


Contoh Makalah Problematika Pendidikan Islam

Secara keseluruhan, dengan adanya pembahasan mengenai Contoh Makalah Problematika Pendidikan Islam ini diharapkan kita yang sedang menyusun makalah ini dapat terbantu. Dengan adanya contoh mudah-mudahan pekerjaan kita jadi lebih cepat dan lebih mudah. Selain contoh ini jangan lupa untuk melihat juga beberapa pembahasan makalah lainnya di bagian akhir tulisan ini.