Analisis Cerpen Berdasarkan Pendekatan Stilistika

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Analisis Cerpen Berdasarkan Pendekatan Stilistika - Ada satu buah karya tulis yang biasa harus kita susun yaitu dari mata kuliah Kajian Prosa Fiksi. Makalah atau karya tulis ini yaitu makalah yang berisi tentang analisis atau kajian tentang sebuah cerpen khususnya berdasarkan pendekatan stalistika. Melakukan analisis cerpen dengan pendekatan stalistika ini kita lakukan untuk mendalami lebih jauh mengenai karya sastra cerpen yang dipilih. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai penyusunan karya tulis tersebut. 

Tak lupa kita ingatkan kembali bahwa dalam menyusun karya seperti ini hendaknya kita mengacu pada kaidah penulisan karya tulis yang diberikan. Kita harus mengacu pada tata penulisan baik itu dari segi jalannya penelitian, penyusunan sampai pada cara penulisan hasil analisis yang dilakukan. Dalam membuat dan menyusun hasil Kajian Cerpen dengan Pendekatan Stilistika ini hendaknya kita tetap memperhatikan beberapa kaidah penulisan berikut ini.

1. Menghindari unsur plagiat
2. Menggunakan bahasa baku
3. Merujuk pada tata penulisan makalah yang ada
4. Memberikan referensi (rujukan) yang cukup
5. Menulis sesuai tata penulisan karya tulis

Itulah beberapa hal yang harus tetap kita perhatikan dalam membuat hasil analisis yang sudah kita lakukan. Sekarang mari kita bahas makalah ini lebih jauh baik dari segi isi maupun segi lainnya. Jangan lupa untuk membaca juga: Contoh Makalah Bahasa Inggris

Isi Pembahasan Analisis Cerpen

Apa saja isi dari Analisis Cerpen Berdasarkan Pendekatan Stilistika ini? Itu adalah pertanyaan yang biasanya sering muncul manakala kita diwajibkan untuk menyusun hasil analisis cerpen. Untuk analisis yang akan kita buat ini kita bisa menyusun hasilnya dalam bentuk makalah. Makalah ini bisa terdiri dari berbagai informasi namun sebagai gambaran contoh isi dari pembahasan analisis cerpen ini bisa dilihat di bawah ini

2.1 Teori Pendekatan Stilistika
2.2 Teori Cerpen
2.3 Analisis Cerpen dengan Pendekatan Stilistika

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai apa itu pendekatan stilistika,  dalam hal ini kita akan menjabarkan mengenai teori tersebut. Dalam hal teori ini maka kita menjelaskan secara rinci, jelas dan juga diperkuat dengan berbagai pendapat para ahli. Beberapa yang bisa kita jelaskan berkaitan dengan teori ini adalah sebagai berikut:

- Pengertian pendekatan stilistika
- Prinsip pendekatan stilistika
- Hal yang dianalisis dengan pendekatan stilistika

Dalam melakukan kritik sastra, harus berangkat dari suatu pola pikir tertentu yang dirumuskan secara matang agar hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan. Hal ini penting, karena karya sastra dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Cara memandang dan mendekati objek dengan titik pandang tersebutlah yang disebut pendekatan. Secara teoretis, pendekatan adalah asumsi dasar yang dijadikan pegangan menilai sesuatu. Di dalam menjalankan kritik sastra, dikenal beberapa pendekatan, salah satunya adalah pendekatan stilistika. 

Pendekatan stilistika di dalam kritik sastra bertolak dari pandangan bahwa isi pokok karya sastra itu ada dua, yang pertama adalah bahasa dan kedua adalah isi yang berupa tema, pemikiran, dan falsafah. Pendekatan stilistika menganut paham bahwa unsur pokok sastra adalah bahasa. Bahasa yang digunakan dalam karya sastra itu mempunyai kaitan pula dengan sastrawan. Sastrawan mengerahkan kemampuan dan kreativitas masing-masing dalam menciptakan karya mereka. Dengan kata lain, pendekatan stilistika berarti asumsi dasar yang digunakan oleh kritikus dalam menilai suatu karya sastra ditinjau dari segi kebahasaan-nya.

Selain mengenai pendekatan yang digunakan kita juga akan menjelaskan mengenai apa itu cerpen. Dalam hal ini kita dapat menjelaskan mengenai pengertian cerpen, karakteristik atau ciri cerpen, unsur cerpen dan lain sebagainya. Karena kita akan membuat analisis mengenai cerpen dengan pendekatan stilistika maka harus jelas apa yang disebut cerpen dan apa yang disebut pendekatan stilistika. 

Langkah Menyusun Analisis Cerpen

Dalam menyusun makalah hasil analisis cerpen yang menggunakan pendekatan ini maka kita dapat mengikuti langkah-langkah penyusunan cerpen pada umumnya.  Dalam hal ini kita bisa menggunakan berbagai kiat dan tips yang mempermudah penyusunan karya tulis tersebut. 

Khusus untuk analisis ini maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah dalam menyusun atau melakukan analisis ini antara lain sebagai berikut:

a. Mencari dan membaca serta mempelajari cerpen yang akan dianalisis
b. Mengambil catatan penting dari cerita dalam novel yang dianalisis
c. Melakukan analisis berdasarkan pendekatan stilistika
d. Merumuskan hasil kajian atau analisis yang telah dilakukan
e. Melakukan penulisan makalah

Pertama dan yang paling utama tentunya adalah kita harus memiliki terlebih dahulu cerpen yang akan dianalisis. Dalam hal ini kita harus menentukan cerpen apa yang akan dikaji. Setelah itu tentunya kita harus membaca dan mempelajari cerpen yang dipilih tersebut.

Setelah mempelajari atau membaca ceritanya jangan lupa untuk membuat catatan yang berhubungan dengan analisis yang akan kita lakukan. Setelah itu kita bisa langsung mulai untuk melakukan analisis tersebut. Perlu diingat, kita menggunakan pendekatan stilistika jadi kita harus menganalisa atau mengkaji karya sastra itu dengan pendekatan yang telah ditentukan tersebut.

Kalau sudah menyelesaikan analisis maka kita tinggal menyusun hasil kajian itu dalam bentuk makalah. Bagaimana menyusun makalah hasil kajian tersebut? Untuk gambaran, mari kita pelajari contoh daftar isi dari makalah yang membahas mengenai Analisis Cerpen dengan Pendekatan Stilistika di bawah ini.

Analisis Cerpen Berdasarkan Pendekatan Stilistika

Dari daftar isi di atas kita dapat dengan jelas melihat bagaimana Contoh Makalah Analisis Cerpen Berdasarkan Pendekatan Stilistika yang bisa kita susun. Kita bisa melihat gambarannya secara lengkap bagaimana isi di dalam karya tersebut. Bisa kita lihat dari daftar isi di atas bahwa makalah ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

a) Bagian awal makalah
b) Bagian pendahuluan
c) Bagian isi
d) Bagian daftar pustaka dan lampiran

Kalau sudah tahu dengan jelas bagaimana gambarannya tentu kita akan lebih mudah lagi dalam membuat tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu dosen di kampus. Itu saja, semoga adanya pembahasan ini bisa menjadi tambahan bahan belajar dan referensi dalam menyusun tugas yang diberikan.