Penulisan Daftar Pustaka Karya Tulis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Penulisan Daftar Pustaka Karya Tulis - Dalam pembahasan mengenai daftar pustaka ini yang akan kita dalami adalah tentang aturan penulisan daftar pustaka. Selain itu tentunya akan diberikan atau di bahas juga beberapa contoh yang dapat kita gunakan. Bagian karya tulis yang satu ini sangatlah penting karena melalui daftar pustaka tersebut penulis akan mencantumkan rujukan dari berbagai informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Seperti juga dengan bagian-bagian lain, daftar pustaka juga di tulis dengan ketentuan baku sesuai standar penulisan yang diakui. Tentu saja, penulisan atau penyusunan tersebut akan mengacu pada standar baku penulisan karya tulis dalam bahasa Indonesia. Penulisan Daftar Pustaka tersebut harus sesuai kaidah baik dari sisi bentuk, susunan maupun bahasa yang digunakan. Apakah begitu sulit untuk membuat halaman tersebut?

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai hal ini ada baiknya juga kita lihat beberapa term yang biasa kita butuhkan dan kita cari. Beberapa hal tersebut tentunya berhubungan dengan tata cara penulisan, bisa kita lihat dari term pencarian sebagai berikut:

  1. Penulisan daftar pustaka yang benar
  2. Penulisan daftar pustaka harvard
  3. Penulisan daftar pustaka skripsi
  4. Penulisan daftar pustaka dari internet
  5. Penulisan daftar pustaka jurnal
  6. Penulisan daftar pustaka website
  7. Penulisan daftar pustaka dari buku
  8. Penulisan daftar pustaka dari web
Di lain waktu, setelah kita menyelesaikan Materi Penulisan Daftar Pustaka kali ini maka berbagai hal di atas akan kita bahas juga satu persatu agar lebih jelas. Sekarang mari kita perjelas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan daftar pustaka pada sebuah karya ilmiah.

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan daftar pustaka ini dan bagaimana cara menulis daftar pustaka tersebut? Daftar pustaka adalah daftar sumber bacaan yang kita gunakan sebagai acuan dalam penyusunan sebuah karya ilmiah atau makalah. Jadi sumber bacaan yang kita jadikan rujukan atau acuan dalam penyusunan karya ilmiah yang kita lakukan harus kita masukkan ke dalam halaman tersebut.

Di awal telah disinggung bahwa penyusunan halaman ini harus berdasarkan tata penulisan baku yang telah ditetapkan. Untuk membuat halaman ini kita harus mengetahui aturannya terlebih dahulu. Penulisan daftar pustaka memiliki aturan sebagai berikut.
  1. Daftar pustaka ditulis sesuai urutan abjad huruf atau nama pengarang (setelah dibalik)
  2. Sumber yang berupa buku ditulis dengan urutan: nama pengarang (dibalik). tahun terbit. judul buku. kota tempat buku diterbitkan: nama penerbit.
  3. Sumber majalah/surat kabar, ditulis dengan urutan: nama majalah/surat kabar, tanggal, bulan, tahun, nomor edisi (majalah), judul artikel, dan nomor halaman.
  4. Judul buku ditulis dengan huruf kapital, digarisbawahi atau dicetak miring atau dicetak tebal.
  5. Apabila nama pengarang terdiri atas dua kata atau lebih, kata akhir dari nama tersebut diletakkan di muka dan ditandai dengan tanda koma (,), tanpa gelar akademik. Contoh: Sultan Sani ditulis Sani, Sultan.
  6. Apabila pengarang terdiri atas dua orang atau tiga orang, nama-namanya ditulis semua. Akan tetapi jika lebih dari tiga orang, ditulis satu orang dan diberi singkatan, et, al. atau dkk.
  7. Gelar akademik tidak perlu dicantumkan.
  8. Bila ada dua atau lebih sumber pengarangnya sama, penulisannya urut berdasarkan tahun atau tanggal terbitnya, dan nama pengarang urutan berikutnya cukup diberi tanda garis.
  9. Bila ada dua sumber atau lebih sumber yang pengarangnya sama, penulisannya urut berdasarkan tahun atau tanggal terbitnya, dan nama pengarang urutan berikutnya cukup diberi tanda garis.
  10. Tanda baca yang digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam penulisan sumber yang berupa buku adalah tanda titik (.), kecuali antara unsur tempat penerbit dan nama penerbit dengan tanda titik dua (:), sedangkan tanda baca yang digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam penulisan sumber berupa majalah atau surat kabar adalah tanda koma (,).
  11. Diakhiri tanda titik.
Sebuah daftar pustaka ini akan terdiri dari beberapa bagian atau unsur. Bagian-bagian ini ditulis dengan menggunakan aturan yang telah di jelaskan di atas. Bagian tersebut yaitu sebagai berikut:
a. Nama penulis
b. Tahun terbit
c. Judul tulisan
d. Tempat terbit
e. Nama penerbit

Itulah tadi beberapa aturan main dalam penulisan atau penyusunan sebuah halaman daftar pustaka dalam karya ilmiah. Dari penjelasan di atas tentunya sekarang kita tahu bahwa halaman ini tidak di tulis sembarangan dan asal jadi saja melainkan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi kita dapat menggunakan aturan di atas untuk membuat daftar pustaka karya tulis yang kita butuhkan.

Contoh Daftar Pustaka Karya Tulis

Dengan modal penjelasan mengenai aturan penulisan daftar pustaka di awal sekarang kita akan mempelajari langsung contoh yang akan diberikan di bawah ini. Untuk contoh tersebut setidaknya akan ada tiga contoh dan juga disertai dengan gambar bentuk penyusunan halaman ini sekaligus. Mari kita lihat contohnya di bawah ini.
  1. Robert. E.slavin. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktek. Bandung. Mith Press.
  2. Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R dan D. Bandung. Alfabeta.
  3. Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Dari contoh di atas mari kita kupas satu nomor yaitu contoh nomor 1. Kita akan lihat bagian-bagiannya dari awal sampai akhir. Pada contoh nomor 1 penjelasannya sebagai berikut:

- Robert. E.slavin adalah nama penulis
- 2005 adalah tahun penerbitan
- Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktek adalah judul buku
- Bandung adalah tempat terbit buku, dan
- Mith Press adalah nama penerbit

Sekarang, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai bentuk halamannya maka mari kita lihat gambar halaman di bawah ini. 
Contoh Daftar Pustaka
Gambar: Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Sekarang jelas sudah Penulisan Daftar Pustaka Karya Tulis ini. Diharapkan dengan uraian mengenai tata cara penulisan serta contoh di atas maka kita tidak akan menemui masalah dalam penyusunan bagian karya tulis tersebut. Untuk sementara kita cukupkan sampai disini saja pembahasan kita. Jangan lupa selalu kunjungi website http://contoh-karya-tulis.blogspot.com/ ini untuk mendapatkan referensi berbagai karya tulis yang sering dibutuhkan.