Contoh Makalah tentang Daur Nitrogen

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Daur Nitrogen - Untuk rekan pelajar pada mata pelajaran biologi terkadang juga belajar menyusun sebuah makalah tentang materi pelajaran. Kali ini untuk contoh makalah sederhana bagi pelajar kita akan membahas sebuah makalah tentang daur nitrogen. Seperti pembahasan lain, disini akan kita pelajari bagaimana cara cepat dan mudah dalam menyusun sebuah karya tulis sederhana untuk kebutuhan belajar kita semua. Jadi, bukan hanya contoh yang akan kita bahas melainkan juga tentang cara menyusun tugas ini.

Supaya tidak salah paham akan dijelaskan dulu contoh yang dimaksud. Contoh makalah yang dimaksud disini tidak diberikan secara lengkap dari awal sampai akhir namun hanya draft saja. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengerjakan sendiri pembuatan makalah yang ditugaskan. Ini semua demi kebaikan kita sendiri, dengan begitu kita akan memiliki kemampuan untuk membuat karya yang dibutuhkan. Meski begitu pada kesempatan lain akan disertakan atau dilingkapi juga file lengkap untuk contoh yang dimaksud.

Bagaimana bentuk makalah daur nitrogen tersebut? Tidak berbeda dengan makalah lain, makalah biologi ini juga terdiri dari empat bagian yaitu halaman awal, pendahuluan, pembahasan dan juga bagian penutup. Bagian awal atau bagian pertama hanya terdiri dari beberapa lembar yaitu cover, kata pengantar dan juga daftar isi. Bagian selanjutnya adalah bagian bab yaitu terdiri dari BAB I, BAB II, dan BAB III. Supaya ada gambaran bentuknya bagaimana mari kita lihat draft daftar isi berikut!

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Daur Nitrogen
2.2 Proses Daur Nitrogen
2.3 Tahap Tahap Daur Nitrogen
2.4 Fungsi Daur Nitrogen
2.5 Dampak Daur Nitrogen

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

Dapat kita lihat pada contoh daftar isi di atas bahwa setidaknya dalam makalah ini kita akan memiliki lima sub judul pembahasan inti yang berkaitan dengan siklus nitrogen. Tentu saja pembahasan pada makalah yang kita susun tidak harus sama persis dengan contoh di atas. Yang terpenting adalah kita akan membahas materi yang berkaitan dengan siklus atau daur dari nitrogen sesuai tugas yang diberikan. Untuk beberapa materi berkaitan yang dapat kita bahas dalam makalah yang kita susun antara lain kita membutuhkan beberapa informasi sebagai berikut:
  1. Pengertian daur nitrogen
  2. Artikel daur nitrogen
  3. Daur nitrogen dan penjelasannya
  4. Daur nitrogen ppt
  5. Daur nitrogen biogeokimia
  6. Pengertian daur nitrogen kumpulan tips
  7. Jelaskan daur nitrogen
  8. Daur nitrogen dan bakterinya

Kita bisa mendapatkan berbagai materi pembahasan dengan melakukan metode studi pustaka dimana kita mencari literatur yang membahas tema tersebut. Literatur tersebut dapat berupa buku, majalah maupun informasi dari sumber online di internet. Dari berbagai pembahasan yang ada tersebut kemudian kita melakukan analisa berdasarkan materi-materi yang kita temukan. Tidak begitu sulit bukan? Nah untuk gambaran mari kita baca sedikit ringkasan materi daur nitrogen berikut yang diambil dari berbagai sumber.

Siklus nitrogen adalah suatu proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen menjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain. Transformasi ini dapat terjadi secara biologis maupun nonbiologis. Beberapa proses penting pada siklus nitrogen, antara lain fiksasi nitrogen, mineralisasi, nitrifikasi, denitrifikasi. Walaupun terdapat sangat banyak molekul nitrogen di dalam atmosfer, nitrogen dalam bentuk gas tidaklah reaktif. Hanya beberapa organisme yang mampu untuk mengkonversinya menjadi senyawa organik dengan proses yang disebut fiksasi nitrogen.

Secara Umum Proses Daur Nitrogen di alam adalah sebagai berikut: Nitrogen bebas merupakan 73% dari udara. Unsur nitrogen hanya dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan, umumnya dalam bentuk nitrat, dan pengambilannya khususnya lewat akar. Terbentuknya nitrat karena bantuan mkroorganisme. Penyusunan nitrat dilakukan secara bertahap oleh beberapa genus bakteri secara sinergetik.

Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik (urea, protein, dan asam nukleat) atau sebagai senyawa anorganik (amonia, nitrit, dan nitrat). Tumbuhan dan hewan membutuhkan nitrogen (tidak dalam bentuk gas) untuk membuat protein. Nitrogen di udara berada kurang lebih sebanyak 80%.Tumbuhan dapat menyerap nitrogen dalam bentuk senyawa nitrit atau nitrat.

Tahap pertama daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfer ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen yang dapat dilakukan oleh bakteri yang dapat mengikat nitrogen seperti bakteri rhizobium dan azetobacter. Selain itu, ganggang hijau-biru dalam air juga memiliki kemampuan memfiksasi nitrogen.

Tahap kedua, nitrat yang dihasilkan oleh fiksasi biologis digunakan oleh produsen (tumbuhan) diubah menjadi molekul protein. Selanjutnya jika tumbuhan atau hewan mati, makhluk pengurai merombaknya menjadi gas amoniak dan garam amonium yang larut dalam air. Proses ini disebut dengan amonifikasi.

Selanjutnya adalah proses nitrifikasi. Bakteri nitrifikasi (Nitrosomonas) mengubah amoniak dan senyawa amonium menjadi nitrat oleh bakteri nitfrifikasi lainnya (Nitrobacter). Apabila oksigen dalam tanah terbatas, nitrat dengan cepat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau oksida nitrogen oleh proses yang disebut denitrifikasi.

Contoh Makalah tentang Daur Nitrogen

Inti dari sebuah makalah adalah menyajikan sebuah informasi penting yang di dasarkan pada apa yang kita kuasai. Jadi tugas kita dengan menyusun makalah ini sebenarnya adalah mempelajari apa yang akan kita sampaikan pada makalah tersebut. Maka dari itu jika kita mau membaca maka tidak sulit untuk membuat makalah tentang daur nitrogen yang ditugaskan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai contoh karya tulis kali ini. Mudah-mudahan dengan adanya sedikit pembahasan ini kita semua bisa lebih mudah dalam menyusun makalah ini. Jangan takut salah, jangan takut susah, yan terpenting adalah kita mendapatkan pelajaran dari kegiatan membuat makalah ini. Tetap semangat dan rajin belajar, semoga kita menjadi generasi yang sukses.