Contoh Makalah Bahasa Inggris Conjungtion Verb

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Bahasa Inggris Conjungtion Verb - Apakah kita sudah pernah membahas khusus mengenai makalah bahasa Inggris di website contoh karya tulis ini? Memang, sebelumnya belum kita bahas secara mendalam mengenai salah satu karya untuk mata kuliah yang satu ini. Pada kesempatan ini kita akan bahas satu contoh saja agar kita bisa memahaminya dengan baik. Apa yang akan kita bahas adalah berkaitan dengan Makalah tentang Conjungtion Verb untuk mata kuliah bahasa Inggris.

Dalam pembahasan ini, hampir sama dengan berbagai pembahasan sebelumnya, kita akan mengulas tentang bagaimana cara membuat makalah bahasa Inggris tersebut. Tidak akan diberikan contoh lengkap makalahnya tetapi kita akan dipandu bagaimana cara membuatnya. Untuk yang sedang mencari Contoh Makalah Bahasa Inggris Conjungtion Verb tidak perlu kecewa karena meski hanya penjelasan namun sebisa mungkin akan diberikan rujukan berbagai informasi yang diperlukan untuk menyusun tugas tersebut.

Ada dua aspek penting yang perlu kita ketahui dan pahami agar dapat menyusun tugas ini. Yang pertama adalah mengenai isi dari makalah yang akan dibuat dan yang kedua adalah mengenai susunan lengkap makalah tersebut. Dua hal tersebut mutlak harus kita pahami agar penulisan atau penyusunan tugas makalah ini bisa berjalan dengan baik.

Pada sisi materi atau isi kita perlu menentukan dengan cermat apa saja materi yang dapat kita jelaskan dalam tugas makalah tersebut. Tentunya penentuan materi ini berkaitan dengan judul yang telah ditetapkan Dengan memahami inti dari judul yang dipilih maka kita harus dapat merumuskan apa saja yang akan kita bahas. Dengan demikian kita bisa terhindar dari memberikan pembahasan yang tidak berkaitan dengan topik. Sedangkan susunan makalah lengkap akan memandu kita dalam penelitian, dan juga penulisan tugas tersebut. Kita dapat memanfaatkan daftar isi atau draft untuk hal ini.

Materi Makalah tentang Conjungtion Verb

Berkaitan dengan tugas dari mata kuliah bahasa Inggris ini maka pokok pembahasan sudah ditentukan yaitu mengenai "conjungtion". Jadi jelas apa yang akan kita sampaikan adalah informasi yang berkaitan dengan conjungtion tersebut. Berkaitan dengan materi ini pada contoh makalah ini setidaknya ada dua hal yang bisa kita sampaikan yaitu yang pertama mengenai definisi dan kemudian macam-macam conjungtion tersebut.

Pengertian Conjunctions
Pada sub ini maka akan kita jelaskan secara rinci mengenai definisi atau pengertian conjungtions. Kita akan menjelaskan secara gamblang, jelas dan lengkap mengenai apakah yang dimaksud dengan conjungtion dalam bahasa Inggris. Untuk dapat memberikan pemahaman yang baik pada pembaca maka kita harus menyusun berbagai kalimat penjelasan kita dengan bahasa yang baik, sederhana dan mudah dipahami.

Cara untuk membahas sub ini yaitu pertama kita dapat mencari terlebih dahulu materi yang kita butuhkan. Langkah berikutnya kita terlebih dahulu mempelajarinya karena nantinya kita akan sampaikan lagi dalam bentuk makalah. Setelah mendapatkan pemahaman yang cukup mengenai pengertian atau definisinya maka kita dapat mulai menjelaskannya dalam bentuk tulisan.

Terserah kita, yang jelas intinya adalah kita akan menjelaskan kepada pembaca mengenai apa yang dimaksud dengan conjungtion tersebut. Bisa mulai dengan kalimat pembuka seperti "Conjungtions adalah..." atau dengan cara penjelasan yang berbeda. Ini adalah karya tulis jadi semua argumen kita hendaknya di dukung dengan berbagai pernyataan ahli yang mendukung penjelasan kita tersebut. Sedikit mengenai pengertian, kita dapat melihat beberapa paragraf penjelasan berikut.

Conjunctions adalah kata sambung/konjungsi yang menghubungkan bagian-bagian ujaran dalam kalimat: kata dengan kata, frase dengan frase, atau klausa dengan klausa yang mempunyai kedudukan setara atau sejenis. Kata-kata yang setara ini bisa berupa hubungan antara noun dengan noun, adverb dengan adverb, adjective dengan adjective, verb dengan verb, juga phrase dengan phrase, dan clause dengan clause.

Contoh:
  • We could go to the library, or we could go to the park.
  • He neither finished his homework nor studied for the test.
  • I went out because the sun was shining.
  • Tiga macam bentuk konjungsi (conjunction forms):
  • Single Word, misalnya: and, but, because, although, or. 




Macam-Macam Conjunctions
Setelah cukup dengan penjelasan mengenai pengertian maka kita dapat melangkah ke poin kedua yaitu mengenai macam-macam conjungtions. Sama dengan poin pertama, kita akan memberikan penjelasan yang baik tentang poin tersebut. Penjelasan mengenai jenis conjungtions tersebut dapat memuat beberapa hal contohnya antara lain sebagai berikut.

1. Apa saja macam atau jenisnya
2. Apa ciri dari berbagai jenis conjungtion yang ada
3. Fungsi conjungtions tersebut
4. Perbedaan masing-masing

Hasil dari penjelasan tersebut tentu akan berbeda pada masing-masing penyusun meskipun materinya sama karena penjelasan yang diberikan tentu akan berdasarkan pada tingkat pemahaman kita pada topik yang dibahas. Untuk contoh mari kita perhatikan satu paragraf kesimpulan di bawah ini.

Tiga jenis konjungsi, yaitu: coordinating conjunctions (simple conjunctions), correlative conjunctions, dan subordinating conjunctions. Disamping ketiga jenis tersebut, ada adverbia yang digunakan sebagai konjungsi, yaitu conjunctive adverbs. Conjunction atau atau connector atau kata sambung adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan/menggabungkan kata dengan kata yang lain, phrase dengan phrase yang lain, atau clause dengan clause yang lain. Ada 3 tipe conjunctions: coordinating conjunctions, correlative conjunctions, dan subordinating conjunctions 

Contoh Penyusunan Makalah Conjungtion Verb
Untuk gambaran bagaimana isi dan juga susunan atau bentuk makalah bahasa Inggris tentang conjungtions ini maka berikut akan kita bahas beberapa informasi lain yang mendukung. Sebuah karya tulis atau bahan bacaan yang diterbitkan biasanya dapat kita lihat bagaimana susunan dan isinya tentu dari daftar isi yang ada. Di makalah ini juga demikian, kita dapat belajar menyusun makalah yang mudah hanya dengan menggunakan contoh daftar isi yang ada.

Untuk tugas kuliah yang membahas mengenai conjungtions ini maka ada sebuah contoh yang bisa kita pelajari. Kita lihat saja langsung contohnya (daftar isi) yang ada di bawah.


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
MOTTO         
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Conjunctions
2.2 Macam-Macam Coordinating

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tentunya dari daftar isi di atas kita bisa mendapatkan gambaran yang sangat jelas mengenai bagaimana susunan dan juga isi dari makalah ini. Hanya dengan memanfaatkan daftar isi tersebut saja kita sudah lebih mudah dalam membuat atau menyusun tugas makalah yang ada. 

Bisa kita lihat, pada bagian awal terdapat empat halaman yang harus kita susun yaitu mulai dari halaman depan, motto, kata pengantar sampai pada halaman daftar isi. Selanjutnya pada bagian bab I akan terdiri dari beberapa sub-bab yaitu mulai dari latar belakang sampai tujuan. Selain tujuan kita juga dapat menambahkan poin lain pada bab I tersebut yaitu misalnya mengenai manfaat penulisan dan sistematika penulisan. 

Makalah Bahasa Inggris Conjungtion Verb

Bab II adalah bab inti dimana kita akan memberikan penjelasan lengkap mengenai topik yang dipilih dalam hal ini tentang "Conjungtion Verb". Kemudian pada bagian tiga ada kesimpulan, saran dan diakhiri dengan daftar pustaka dan lampiran. 

Kalau kita melihat dan mempelajari dengan seksama contoh di atas kita akan lebih mudah dalam menyusun makalah sendiri tanpa harus menjiplak karya orang lain. Jelas ini akan lebih bagus bagi diri kita. Sekarang dengan mempelajari contoh mengenai Makalah Bahasa Inggris Conjungtion Verb ini maka kita akan mendapatkan gambaran lengkap mengenai apa yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.