Contoh Dasar Teori Tentang Laporan Seleksi Alam

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Dasar Teori Laporan Seleksi Alam - Pembahasan ini dimaksudkan untuk memberikan sedikit tambahan referensi untuk kita dalam menyusun karya tulis, makalah atau laporan tentang seleksi alam. Yang akan kita bahas bukan karya tulis atau laporan lengkap atau contoh tetapi kita akan membahas mengenai berbagai teori yang dapat kita jadikan dasar dalam sebuah laporan tentang seleksi alam tersebut. Kita banyak membutuhkan referensi mengenai sebuah teori biasanya jika kita membuat berbagai karya tersebut misalnya saja sebuah laporan praktikum. 

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai dasar teori tentang sekeleksi alam ini ada baiknya kita ingat kembali mulai dari definisi atau pengertiannya terlebih dahulu. Seleksi alam adalah pemilihan yang dilakukan oleh alam untuk memilih makhluk hidup yang dapat terus bertahan hidup dan makhluk hidup yang tidak dapat terus bertahan hidup. Makhluk hidup yang terus dapat bertahan hidup akan tetap hidup sedangkan makhluk hidup yang tidak dapat bertahan hidup akan mati. 

Selama kehidupan di bumi ini terus berlangsung, peristiwa alam juga akan terus berlangsung menyertai aktivitas kehidupan makhluk hidup. Peristiwa alam tersebut dapat berlangsung setiap saat dan setiap waktu tanpa adanya kesiapan dari makhluk hidup yang ada di alam ini. Peristiwa alam tersebut erat hubungannya dengan kelangsungan hidup makhluk hidup seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, dan bencana alam lain. Keadaan tersebut dapat di artikan bahwa alam telah melakukan seleksi terhadap mahluk hidup yang ada di dalamnya. Mahluk hidup yang mampu bertahan hidup akan dapat bertahan hidup, sedangkan mahluk hidup yang tidak bertahan hidup akan mati dan mengalami kepunahan. 

Seleksi alam erat kaitannya dengan jenis (spesies), macam (varian), rantai makanan, jaring-jaring makanan, perkembangbiakan secara kawin, genetika dan adptasi. Proses perubahan karena seleksi alam tersebut berlangsung secara perlahan, sedikit demi sedikit, dan dalam jangka waktu yang relatif sangat lama (ratusan, ribuan bahkan jutaan tahun). Nah, agar lebih luas lagi pemahaman kita mengenai latar belakang tersebut jangan lupa baca juga beberapa informasi lain di bawah ini:

5) Laporan praktikum seleksi alam adaptasi dan polusi lingkungan 
6) Definisi seleksi alam

Sedikit informasi pembuka di atas tentunya masih berkaitan dan juga bermanfaat untuk landasan atau dasar pemahaman awal bagi kita. Sekarang, untuk bahan laporan yang akan kita buat, teori apa saja yang bisa kita gunakan sebagai Dasar Teori Tentang Laporan Seleksi Alam dalam laporan ini? Nah, untuk bekal teori yang bisa kita gunakan, berikut kutipan penjelasan tentang seleksi alam menurut ilmuan Charles Darwin.

Makhluk hidup di bumi ini sangatlah bervariasi, sehingga mereka bertempat pada ekosistem yang berbeda–beda dengan yang lainnya. Selain itu, keadaan umum seperti cuaca, suhu, iklim juga akan berbeda pada masing-masing tempat dan hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap peradaptasian pada masing–masing individu (makhluk hidup).

Dengan berbagai perbedaan tersebut munculah teori evolusi . Evolusi adalah perubahan pada makhluk hidup sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang sangat lama hingga terbentuk spesies yang baru. Salah satu ilmuwan yang bernama Charles Robert Darwin berkesimpulan bahwa kejadian evolusi disebabkan oleh proses seleksi alam. 

Seleksi alam merupakan penyebab dari kejadian evolusi,dimana makhluk hidup yang dapat beradaptasi dengan lingkungan akan bertahan hidup begitu juga sebaliknya, apabila ada makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi terhadap lingkungan akan punah atau terseleksi oleh alam. Dari adanya seleksi alam tersebut maka akan muncul berbagai tahap perubahan yang terjadi pada setiap individu makhluk hidup. 

Pokok-pokok pikiran yang menjadi dasar bagi teori evolusi Darwin adalah sebagai berikut :
  1. Tidak ada dua individu yang sama.
  2. Individu satu dengan lainnya mempunyai perbedaan atau variasi walaupun dalam satu spesies. Variasi tersebut bersifat menurun.
  3. Setiap populasi cenderung untuk bertambah banyak, yaitu dengan adanya kemampuan untuk bereproduksi.
  4. Untuk berkembangbiak selalu diperlukan adanya makanan dan ruang yang cukup.
  5. Bertambahnya populasi tidak akan berjalan terus-menerus, tetapi kenaikan populasi akan dipengaruhi oleh faktor-fakor pembatas.

Menurut Darwin, alam melakukan seleksi yang dikenal dengan seleksi alam (natural selection). Jadi, makhluk hidup berjuang untuk hidup, namun alam yang menyeleksi sehingga makhluk hidup yang lolos seleksi dan ada yang tidak lolos seleksi. Mengapa ada makhluk hidup yang berhasil lolos dari seleksi alam dan ada yang tidak? Menurut Darwin, terdapat kenyataan sebagai berikut :
  1. Ada variasai sifat individu didalam satu keturunan.
  2. Ada kecenderungan populasi bertambah banyak.
  3. Makhluk hidup yang berjuang unuk hidup dalam rangka mempertahankan kelestariannya.
  4. Adanya kenyataan bahwa tiap individu yang berbeda melahirkan keturunan yang berbeda pula; hanya individu yang mempunyai sifat-sifat yang cocok dengan lingkungannya yang akan lestari.
Berdasarkan teori pokok-pokok tersebut, Charles Darwin mengemukakan dua teori mengenai evolusi, yaitu:
  1. Bahwa spesies yang hidup saat ini berasal dari spesies yang hidup dimasa lalu;
  2. Bahwa evolusi itu berjalan melalui seleksi alam.
Contoh Dasar Teori Tentang Laporan Seleksi Alam

Rusa adalah mangsa bagi predator singa atau harimau. Saat berburu, singa mencari rusa yang paling belakang. Biasanya, rusa yang paling belakang adalah rusa yang larinya lebih lambat. Agar energi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, predator menerkam hewan yang larinya lambat. Ini berarti bahwa rusa-rusa yang larinya lambat terkena seleksi alam. Yang tersisa adalah rusa yang larinya cepat, yang akan menurunkan sifat-sifat lari cepat kepada keturunannya.

Perlu di ingat bahwa teori di atas hanyalah Contoh Dasar Teori Tentang Laporan Seleksi Alam. Selain teori di atas tentu kita dapat memilih dan menggunakan dasar teori dari ilmuan lain yang kita anggap sesuai dan dapat digunakan sebagai dasar. Melengkapi materi di atas jangan lupa pelajari juga beberapa teori dan materi lain yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini.