Cara Membuat Karya Ilmiah Remaja

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Panduan Cara Membuat Karya Ilmiah Remaja - Di berbagai pembahasan yang ada di situs ini sebenarnya telah dijelaskan berkali-kali mengenai teknik atau cara untuk membuat sebuah karya tulis baik itu makalah, laporan maupun karya ilmiah remaja. Namun begitu karena belum pernah di bahas secara khusus maka kali ini kita bahas saja secara rinci mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk menyusun sebuah karya tulis seperti ini.

Jika kita ingin mudah untuk menyusun karya seperti ini maka kita memang sebaiknya mengetahui berbagai teknik yang harus dilakukan. Itulah sebabnya mau tidak mau, suka tidak suka akan lebih baik jika kita meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari berbagai teknik penyusunan karya tulis. Kita tidak perlu belajar berkali-kali, belajar sekali saja hasilnya bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan penyusunan karya tulis selanjutnya.

Pada uraian ini akan kita pelajari cara membuat karya ilmiah remaja dengan berbagai tahapan yang harus dilalui. Nanti, dengan berbagai tahapan tersebut maka kita bisa bekerja dengan lebih rapih dan sistematis sehingga kita bisa menghasilkan sebuah karya yang bagus dan memenuhi syarat keilmiahan. Tapi sebelum itu mari kita cek juga beberapa pembahasan lain sebagai berikut:

1) Karya Ilmiah bagian tanaman untuk dibentuk bonsai
2) Tips cara membuat karya ilmiah remaja
3) Artikel cara membuat karya ilmiah remaja
4) Resep karya ilmiah remaja
5) Contoh karya ilmiah remaja
6) Kumpulan karya ilmiah remaja
7) Karya ilmiah remaja smp
8) Pengertian karya ilmiah remaja
9) Judul karya ilmiah remaja

Tahap Membuat Karya Ilmiah Remaja
Supaya mudah dalam membuat, menyusun atau menulis sebuah karya ilmiah maka sebaiknya kita mengikuti tahap-tahap tertentu yang bisa membuat pekerjaan kita tersebut lebih teratur dan sistematis. Hal ini penting untuk menghindari sesuatu yang terlewat atau untuk memperlancar proses penyusunan karena pada hakekatnya isi dari karya seperti ini ditulis runut dari awal sampai akhir.

Lalu tahap-tahap untuk membuat karya tersebut bagaimana? Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai tahap penulisannya namun untuk mempermudah pekerjaan kita maka kita bisa melakukan beberapa tahap berikut dalam penyusunan karya tulis yang akan di buat. Tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pelajari panduan penulisan
2. Cari materi yang diperlukan
3. Pelajari materi yang berkaitan, catat kutipan yang dibutuhkan
4. Tulis karya ilmiah sesuai panduan penulisan
5. Lakukan revisi, cetak dan jilid

Yang pertama kali harus kita lakukan sebelum menyusun karya seperti ini adalah mempelajari panduan penulisan. Hal ini karena semua karya seperti ini memiliki aturan yang terkadang berbeda sesuai dengan instansi masing-masing. Jika tidak ditemukan panduan penulisan maka kita bisa memanfaatkan karya-karya terdahulu yang sudah ada sebagai bahan rujukan dalam penulisannya.

Tahap berikutnya adalah mengembangkan materi yang akan kita bahas dalam karya tersebut. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara mencari berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan pembahasan yang akan diambil baik yang bersumber dari media cetak maupun media online. Selanjutnya kita bisa mempelajari dan mendalami berbagai informasi tersebut sebagai bahan dan pertimbangan apa yang akan kita sampaikan nantinya.

Dari berbagai sumber informasi tersebut kita juga bisa langsung menyiapkan berbagai pernyataan-pernyataan yang bisa mendukung apa yang akan kita sampaikan, terutama yang berkaitan dengan materi yang berasal dari para ahli. Setelah selesai pada tahap di atas selanjutnya kita bisa masuk ke tahap penulisan dan penyusunan karya tulis. Di tahap ini kita bisa menulis karya ilmiah tersebut dari awal sampai akhir secara urut mulai dari cover, halaman judul, pengesahan dan seterusnya.

Setelah karya tersebut selesai ditulis sesuai aturan yang ada maka sebelum di cetak wajib bagi kita untuk melakukan revisi mulai dari kesalahan ejaan penulisan, isi dan seterusnya. Periksa kembali dari lembar pertama sampai terakhir untuk memastikan semua sesuai dan tidak ada yang salah. Setelah merasa yakin tidak ada kesalahan baru setelah itu kita bisa mencetaknya. Dengan tahapan yang sistematis maka diharapkan karya ilmiah yang kita hasilkan juga bisa lebih memenuhi syarat sebagai sebuah karya ilmiah remaja.

Tips Membuat Karya Ilmiah Remaja
Dalam menyusun atau membuat KIR seperti ini ada beberapa tips yang bisa membantu kita melakukannya. Beberapa tips membuat karya ilmiah remaja yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut.

1. Buatlah draft karya ilmiah remaja terlebih dahulu, bisa seperti daftar isi
2. Pelajari juga karya terdahulu sebagai tambahan referensi
3. Tulis bagian per bagian secara urut
4. Periksa kesalahan penulisan
5. Cek ulang isi dan keseluruhan karya ilmiah sebelum mencetak

Cara Membuat Karya Ilmiah Remaja


Demikianlah beberapa hal penting yang berkaitan dengan cara membuat karya ilmiah remaja. Semoga saja dengan adanya pembahasan ini kita semua tidak lagi harus kesulitan dan bingung jika harus menyusun sebuah karya ilmiah seperti ini. Untuk mendukung penjelasan di atas pastikan juga untuk melihat beberapa contoh yang ada di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!