Contoh Makalah Kerajinan Tekstil Modern dari Papua

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Kerajinan Tekstil Modern dari Papua - Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah serta karunai-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis yang bejudul "Kerajinan Tekstil Modern Papua". Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata pelajaran Prakarya. 

Saya mengharapkan segala kritik dan saran yang membangun dan dapat dijadikan laporan ini jauh lebih baik lagi. Saya mohon maaf atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini. Semoga dengan saya membuat karyatulis ini dapat bermanfaat dan member motivasi bagi para pembaca, khususnya bagi saya dan generasi pemuda yang akan datang. 

Setelah beberapa hari kita sibuk dengan berbagai tugas lain hari ini kita kembali berkutat dengan sebuah tugas makalah. Kali ini kita akan sibuk menyusun tugas makalah prakarya yang ditugaskan sebagai sarana belajar. Dalam hal ini kita akan membahas bagaimana cara membuat makalah dan bagaimana contoh dari makalah prakarya ini. Namun sebelum itu silahkan baca juga beberapa contoh lain berikut!

1) Makalah Kerajinan Tekstil Modern Papua
2) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional NTT
3) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern NTB
4) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern Sulawesi
5) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern Sumatra Barat
6) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern Bengkulu
7) Makalah Kerajinan Tekstil Tradisional dan Modern Jakarta

Beberapa contoh di atas juga akan membahas berbagai contoh yang sering dibutuhkan. Tapi perlu di ingat bahwa semua contoh yang di bahas dalam situs ini adalah bertujuan untuk sarana belajar menulis makalah dan bukan untuk yang lain. Jadi, diharapkan dengan mempelajarinya maka kita akan paham bagaimana membuat karya tulis tersebut.

Penulisan Makalah Kerajinan Tekstil Modern Papua

Gambaran mengenai bagaimana bentuk dan susunan makalah ini bisa dilihat dari sistematika penulisan dalam contoh daftar isi berikut. Daftar isi berikut dimaksudkan bisa menjadi bahan draft kita sebelum menulis makalah yang akan dibuat. Dengan begitu setidaknya kita mendapatkan gambaran apa saja yang akan dan harus dibahas dan bagaimana bentuk pembahasannya.

Seperti juga makalah lain, penulisan makalah ini juga sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis dimana menggunakan bahasa baku dan sesuai dengan sistematika penulisan yang ada pada buku panduan penulisan. Jadi, mulai dari jenis font atau huruf, ukuran huruf, kerta dan lainnya harus sesuai dengan aturan. Agar lebih jelas mari kita pelajari terlebih dahulu susunan makalah tersebut melalui daftar isi berikut.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang 
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan

BAB II ISI 
2.1 Kerajinan Tekstil Modern 
2.2 Kerajinan Tekstil Papua 

BAB III PENUTUP 
3.1 Kesimpulan 
3.2 Saran

Yang dapat kita lihat dari draft di atas pertama adalah mengenai materi pokok bahasan yang akan dijelaskan. Dalam hal ini materinya setidaknya akan ada dua yaitu mengenai kerajinan tekstil modern dan juga kerajinan tekstil modern dari Papua. Itu tadi hanya contoh, pada praktekknya kita bisa menambahkan beberapa pembahasan lain yang berhubungan misalnya pengertian kerajinan tekstil, pembahasan mengenai kerajinan tekstil modern dan sebagainya.

Selain masalah isi, dari draft di atas kita juga bisa mengetahui susunan dari makalah yang akan kita buat. Pertama dibagian atas sendiri kita bisa melihat bahwa dalam makalah juga akan ada beberapa hal lain mulai dari ada daftar isi, ada kata pengantar, dan ada halaman judul atau cover-nya juga. Maka, dalam menulis makalah ini kita bukan hanya membahas masalah materinya saja melainkan harus menulis juga beberapa halaman tersebut. Supaya lebih jelas silahkan pelajari contoh yang akan diberikan.

Contoh Makalah Kerajinan Tekstil Modern dari Papua

Sebelumnya mohom maaf sebesar-besarnya karena makalah lengkap prakarya ini tidak bisa disertakan dari awal sampai akhir. Yang akan disertakan dalam contoh berikut yaitu mulai dari halaman bab pada makalah-nya saja yaitu dalam hal ini bab 1 sampai akhir. Untuk berbagai halaman lain yang tidak disertakan bisa langsung mempelajarinya di pembahasan terpisah mengenai bagian-bagian makalah. Sekarang mari kita lihat contohnya di bawah ini.
BAB 1 
PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang 
Pengertian kata tekstil adalah jalinan antara lungsin dan pakan atau dapat dikatakan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain, tenunan dan rajutan.Tekstil dapat di temukan pada kehidupan sehari – hari ,yaitu kain biasa digunakan untuk pakaian sebagai kebutuhan sandang, sprei pelapis tempat tidur dan sarung bantal,taplak meja, kain yang dijahit menjadi tas dan produk kerajinan lainnya. 

Kerajinan tekstil di Indonesia dapat dibagi menjadi kerajinan tekstil modern dan tekstil tradisional.kerajinan tekstil modern banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau fungsional, sedangkan kerajinan tekstil tradisional umumnya memilki makna simbolis dan digunakan juga untuk kebutuhan upacara tradisional. 

BAB II 
ISI 

2.1 kerajinan tekstil modern 
Karya kerajinan tekstil,secara fungsi dapat dibagi sebagai berikut: 
a) Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang dan fashion 

• Busana 
• Aksesoris 
• Sepatu 
• Topi 
• Tas 

b) Sebagi pelengkap interior 
• Kain tirai 
• Kain salut kursi 
• Pelengkapan rumah tangga (cepal alas makan dan minum,tudung saji,sarung bantal,sprei, kaset,lap,dll) 

c) sebagi wadah dan pelindung benda 
• tas laptop 
• aneka tas 
• aneka wadah 
• aneka dompet 
• dan lain-lain 

2.2 Kerajinan Tekstil Papua 
Papua memiliki batik dengan motif-motifnya yang khas dan banyak diminati lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan corak batik dari daerah lainnya di Jawa, batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok.

Kerajinan Tekstil Modern dari Papua
Foto: Kerajinan Papua/travel.detik.com

Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung. Batik di Papua selama ini yang paling terkenal adalah batik motif Asmat. Warnanya lebih cokelat dengan kolaborasi warna tanah dan terakota. Soal pemilihan motif batik Papua banyak menggunakan simbol-simbol keramat dan ukiran khas Papua. Cecak atau buaya adalah salah satunya,selain tentu lingkaran-lingkaran besar. Bahannya macam-macam disesuaikan dengan permintaan pasar. 

Selain Batik papua, kerajinan tekstil modern di papua juga terdiri dari beberapa kerajinan lain. Beberapa kerajinan papua lainnya yaitu: 
a. Karya kerajinan tekstil 
b. Karya kerajinan kulit 
c. Karya kerajinan bambu 
d. Karya kerajinan rotan 
e. Karya kerajinan kayu 
f. Karya kerajinan tembikar 

BAB III 
PENUTUP 

3.1 Kesimpulan
Kerajinan tekstil modern, secara fungsi dapat di bagi menjadi 3 yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan sandang dn fashion,sebagai pelengkap interior,sebagai wadah dan pelindung benda.kerajinan tekstil tradisional Indonesia secara fungsi dapat dibagi menjadi 3 yaitu; sebagai pemenuhan kebutuhan sandang yang melindungi tubuh, sebagai alat bantu atau alat rumah tangga, sebagai alat ritual.

3.2 Saran
Demikianlah tadi makalah kerajinan tekstil modern dari Papua yang bisa disusun oleh penulis. Semoga makalah ini dapat berguna bagi pembaca pada umumnya dan penulis khususnya. Kritik dan saran tak lupa penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini ke depan.


DAFTAR PUSTAKA 

http://dwiarifyandipontianak.blogspot.co.id/ Diakses tanggal 25 Okrober 2015, pukul 15.00 WIB 

http://schoolproject3tangsel.blogspot.co.id/2012/08/ragam-hias-seluruh-indonesia.html Diakses tanggal 25 Okrober 2015, pukul 15.00 WIB 

http://bahan-membuat.com/search/3-karya-seni-tekstil-beserta-daerah-asal-nya Diakses tanggal 25 Okrober 2015, pukul 15.00 WIB