Kumpulan Contoh Karya Ilmiah Terlengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Apa yang di bahas dalam situs ini merupakan sebuah Contoh Karya Ilmiah yang terdiri dari berbagai jenis karya baik yang di susun oleh pelajar, mahasiswa maupun penyusun lain seperti rekan guru dan pendidik lainnya. Berbagai contoh tersebut di bahas untuk memberikan gambaran lebih rinci tentang bagaimana cara atau teknik dalam penyusunan sebuah karya ilmiah. Dari berbagai pembahasan tersebut ada banyak hal yang bisa kita pelajari misalnya mengenai materi karya ilmiah, teknik penulisan, aturan baku kebahasaan dan berbagai hal penting lainnya.

Dari sisi materi saja kita akan mendapatkan begitu banyak ilmu yang bisa di pelajari berkaitan dengan berbagai pembahasan yang ada dalam sebuah karya ilmiah. Untuk masalah kesehatan misalnya, kita dapat mempelajari berbagai informasi kesehatan dari contoh karya ilmiah yang telah di bahas. Maka dari itu bukan hanya yang berkepentingan dengan penyusunan karya ilmiah saja yang mendapatkan manfaat tetapi masyarakat lain pun bisa menggali berbagai informasi dan ilmu penting dari berbagai pembahasan tersebut.

Hal di atas adalah salah satu dari sekian banyak hal yang diharapkan bisa di capai dengan adanya pembahasan-pembahasan khusus dalam situs contoh karya tulis ini. Maka wajar jika pembahasan ini lebih mengutamakan pembahasan lebih rinci mengenai kaitannya dengan karya-karya publikasi yang bisa dipelajari bersama. Selanjutnya, khusus untuk rekan pengunjung yang belum berlangganan dengan situs ini kali ini kita akan memberikan penjelasan khusus mengenai berbagai contoh karya yang bisa kita pelajari di situs ini. Harapannya rekan semua tahu dan paham serta ingat bahwa situs ini memang merupakan situs khusus yang menyediakan pembahasan seputar cara penyusunan berbagai karya yang banyak di butuhkan. 

Lalu apa saja yang di bahas di situs ini, apakah semua jenis karya ilmiah ada dan di bahas dalam situs ini? Untuk lebih memahami mengenai berbagai hal yang sudah, sedang dan akan dibahas dalam situs ini maka baiknya kita merujuk pada pengertian atau definisi sebuah karya ilmiah. Untuk itu, sebagai gambaran saja mari kita lihat sedikit melalui satu kutipan di bawah ini.

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi. (Sumber: Wikipedia)

Kumpulan Contoh Karya Ilmiah

Di atas telah di singgung mengenai materi pembahasan yang ada dalam website ini dan dapat kita ketahui bahwa website ini membahas seluruh jenis karya ilmiah yang banyak di butuhkan. Meski begitu, pembahasan berbagai contoh tersebut lebih ditekankan pada proses penyusunan dan penulisan dan bukan pada isi dari masing-masing karya. Hal ini karena masing-masing penyusun akan menghasilkan sebuah karya yang berbeda satu sama lain dan berbagai contoh di sini hanya sebatas tambahan referensi untuk memahami bagaimana teknik mengetik sebuah karya seperti itu.

Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa tidak disertakan langsung berbagai contoh yang ada. Tentu saja tidak karena tugas dan tujuan dari website ini hanyalah pendamping dalam menyediakan berbagai referensi penulisan yang baik dan sesuai dengan kaidah yang dipergunakan. Artinya, semua pembahasan disini hanya bertujuan untuk membuat kita lebih paham dan lebih mahir dalam menyusun dan mengadakan sebuah penelitian. Sekarang, sebagai gambaran berbagai pembahasan yang ada di sini, berikut ada beberapa contoh karya ilmiah yang bisa dipelajari bagaimana cara menyusunnya.

1) Contoh karya tulis ilmiah kebidanan
2) Cara membuat karya ilmiah remaja
3) Dasar teori tentang laporan seleksi alam
4) Contoh karya ilmiah biologi
5) Contoh karya ilmiah remaja
6) Contoh karya ilmiah tentang sampah
7) Contoh karya ilmiah pendidikan
8) Contoh karya ilmiah tentang globalisasi
9) Contoh karya tulis ilmiah
10) Contoh karya ilmiah tentang obat-obatan
11) Contoh karya ilmiah tentang bahaya merokok

Karya tulis kebidanan tentu saja akan membahas mengenai karya yang berhubungan dengan pendidikan kebidanan sedangkan karya ilmiah remaja merupakan pembahasn untuk karya ilmiah yang disusun oleh remaja khususnya remaka sekolah yang biasa di kenal dengan KIR. Laporan seleksi alam tentu akan berkaitan dengan penyusunan laporan sedangkan beberapa contoh berikutnya merupakan contoh-contoh karya ilmiah yang membahas berbagai materi berbeda sesuai dengan judulnya masing-masing.

Masing-masing contoh di atas bisa dipelajari secara lebih detail dan mendalam sehingga jika kita mendapatkan tugas untuk menyusun sebuah karya seperti ini maka kita bisa lebih lancar dalam mengadakan penelitian dan menulis laporannya. Memang, untuk sementara ini pembahasan tersebut mungkin belum terlalu banyak dan belum terlalu lengkap namun setiap minggunya akan selalu ada berbagai pembahasan baru yang dapat di pelajari.

Contoh Karya Ilmiah Lengkap

Sedikit gambaran saja, bagi yang memang sedang mencari sebuah contoh yang memang benar-benar lengkap dari mulai awal sampai akhir maka bisa langsung melihat beberapa yang sudah di siapkan. Karena hanya merupakan contoh maka yang akan diberikan berikut merupakan versi yang sangat sederhana dan hanya diambil poin-poinnya saja. Pembahasan yang lebih lengkap dan lebih sesuai dengan kaidah ilmiah bisa dilihat dan dipelajari secara terpisah pada pembahasan berbeda. Yang ada di bawah ini merupakan contoh karya ilmiah yang membahas tentang pendidikan yaitu dengan judul "Penggunaan Media Visual sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SD". 

Untuk mengetahui bagaimana isi di dalamnya berikut akan disertakan sedikit cuplikan isi dan juga daftar isi dari karya tersebut. Kenapa tidak disertakan secara lengkap karena keterbatasan dan tidak mungkin bisa disertakan langsung dari awal sampai akhir karena sangat panjang. Meski tidak lengkap tapi dari daftar isi yang akan disertakan kita bisa mengetahui secara pasti mengenai apa saja isi yang ada di dalam karya tersebut, jadi bagaimana mau mempelajarinya? Kalau memang ingin bisa membuat sendiri karya seperti ini maka mari kita mulai dengan mempelajari sistematika dan teknik penulisan yang digambarkan dalam draft berikut.

Berikut adalah satu dari draft daftar isi yang bisa digunakan sebagai acuan dalam pembuatan sebuah karya yang dapat digunakan sebagai bahan referensi. Tidak dapat di pelajari secara lengkap memang namun dari situ dapat diketahui berbagai bagian yang berhubungan dengan karya tulis tersebut. Yang di atas merupakan karya tentang pendidikan. Dengan gambaran tersebut maka kita bisa menyusun berbagai karya yang sesuai dengan kebutuhan. Lebih jelas mengenai bagian-bagian tersebut mari kita rinci satu per satu di bawah ini. 

HALAMAN JUDUL 
LEMBAR PENGESAHAN 
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 
B. Identitas Masalah 
C. Analisis Masalah 
D. Rumusan Masalah 
E. Tujuan Penelitian 
F. Manfaat Penelitian 

BAB II KAJIAN PUSTAKA 
A. Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga 
B. Hakekat Media Pembelajaran 
C. Aktifitas Siswa 
D. Hasil Belajar 
E. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) 

BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN 
A. Subyek Penelitian 
B. Deskripsi Per Siklus 
1. Perencanaan 
2. Pelaksanaan 
3. Pengamatan / Pengumpulan Data / Instrumen 
4. Refleksi 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 
A. Deskripsi Data Per Siklus 
1. Prosedur Pelaksanaan 
2. Deskripsi Pengolahan Data 
3. Hasil Pengolahan Data 

B. Pembahasan dari setiap Siklus 
1. Siklus I (Pertama) 
2. Siklus II (Kedua) 

BAB V KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT 
A. Kesimpulan 
B. Saran dan Tindak Lanjut 

DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Bagian awal dari draft di atas tentu halaman-halaman awal mulai dari halaman judul, pengesahan dan seterusnya. Pada bagian berikutnya adalah bab pertama yaitu bagian pendahuluan yang tentunya tidak akan berbeda jauh dengan berbagai karya lain yang terdiri dari latar belakang, identitas masalah, rumusan masalah, tujuan dan seterusnya. 


Contoh Karya Ilmiah Terlengkap


Demikianpun dengan berbagai bab berikutnya sampai pada penutup. Untuk karya yang ini akan terdiri dari lima bab yaitu sampai pada penutup. Bagian bab dua berisi dengan dasar teori yang akan digunakan dalam karya ini. Sedangkan bagian ketiga adalah jalannya pelaksanaan kegiatan. Intinya kita akan membahas lebih jauh mengenai hal itu sesuai dengan konsep dan judul yang diinginkan. 

Itulah sedikit pembahasan kita mengenai Kumpulan Contoh Karya Ilmiah Terlengkap kali ini. Lain waktu kita akan bahas ini lebih jauh dan lebih detail mengenai pembahasan ini. Mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mempelajari contoh lengkapnya dibagian akhir tulisan ini. Itu saja semoga bermanfaat.