Contoh Makalah Keragaman Budaya Nasional NTT

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Masih tentang keragaman budaya nasional yang harus dipelajari oleh rekan pelajar SMA, kali ini kita akan membahas sebuah makalah yang berjudul “Keragaman Budaya Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam pembahasan ini kita akan belajar bagaimana membuat makalah dengan materi tersebut.

Seperti biasa, dibagian awal kita akan menulis beberapa hal yaitu mulai dari judul, kata pengantar dan daftar isi. Halaman-halaman awal tersebut cukup mudah kok membuatnya, bahkan contoh yang diberikan juga sudah cukup banyak.

Halamam pertama misalnya, menerangkan sebuah isi yang mengandung keterangan sebuah judul dari makalah, nama pengarang, nama dosen pengampu/guru, dan nama sekolah serta prodi. Huruf yang digunakan juga berfariasi.

Pada bagian kata pengantar ini disebutkan kata-kata sebagai pengantar dari penulis. Yang mana berfungsi untuk memberi sebuah ucapan kepada orang terdekat penulis. Selain sebuah ucapan terima kasih, fungsi dari pada kata pengantar juga sebagai ucapan syukur kepada tuhan.

Sedangakn untuk bagian daftar isi mempunyai sebuah pengertian untuk menerangkan atau menunjukan sebuah halaman atau sub yang ada di makalah tersebut. Fungsi dari pada daftar isi tersebut tidak hanya mencangkup sebuah halaman yang ada pada bagian pembahasan saja, tetapi juga meliputi sebuah nomor halaman dari awal sampai akhir.

1) BAB I Pendahuluan

Isi di bagian bab satu ini setidaknya ada 3 yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan penulisan. Kalau ingin lebih lengkap, rekan pelajar bisa juga menambahkan manfaat pembuatan makalah sekaligus.

Pada bagian bab I memberikan sebuah pengertian tentang latar belakang dari tema yang akan di sampaikan. Sehingga tema tersebut bisa lebih mudah diserap oleh para pembacanya, karena sudah dibahas secara umum terlebih dahulu dalam bagian atau pada sub judul latar belakang.

Sedangkan untuk Bab II terkait dengan rumusan masalah menerangkan sebuah penekanan pada suatu latar belakang. Atau juga bisa dimaknai dengan sebuah masalah yang memang diringkas pada makalah.

Sehingga pembaca bisa lebih mengetahui tentang permasalahan ketika mendengarkan judul dari makalah tersebut. Berikut contoh rumusan masalah yang bisa digunakan dalam makalah tentang keragaman budaya NTT.

1) Bagaimana rumah adat NTT?
2) Bagaimana pakaian adat NTT?
3) Bagaimana tradisi NTT?

Sedangkan untuk bagian tujuan mempunyai maksud menerangkan sebuah program yang akan ditawarkan oleh makalah tersebut. Yang mana makalah mempunyai sebuah fungsi dan tujuan, dan fungsi tersebut ada pada sub tujuan ini. Berikut contoh sebuah tujuan dari penulisan makalah yang bertemakan,“Makalah Keragaman Budaya Nasional Nusa Tenggara Timur (NTT)”.

1) Mengetahui rumah adat NTT?
2) Mengetahui pakaian adat NTT?
3) Mengetahui tradisi NTT?

Jelas ya, jadi tujuan kita membuat makalah ini tentunya untuk mengetahui lebih jauh mengenai keragaman budaya yang ada di propinsi Nusa Tenggara Timur tersebut. Jadi setelah menyelesaikan atau membuat makalah ini seharusnya kita tahu dan lebih mengerti mengenai materi tersebut.

2) BAB II Pembahasan

Pada bagian pebahasan  mulai dijelaskan secara terprinci dari tema yang sudah ada tersebut. Yang mana penjelasan tersebut meliputi penjelasan tentang rumah adat, pakaian adat, tradisi, tarian dan berbagai hal lain yang memang berhubungan dengan budaya yang ada disana.

Untuk sub pembahasan rumah adat, bisa dijelaskan mengenai bentuk rumah adat tersebut, warna, bahan bangunan yang digunakan, fungsi dan lain sebagainya. Pada sub pakaian adat pun bisa dijelaskan dengan cara yang sama.

Jika diperlukan bisa juga penjelasan – penjelasan yang diberikan pada bab ini didukung dengan gambar-gambar yang berkaitan. Sebut saja misalnya ditambahkan juga gambar rumah adatnya, pakaian adat-nya dan seterusnya.

A. Rumah Adat
Penjelasan tentang rumah adat NTT
B. Pakaian Adat
Penjelasan tentang pakaian adat NTT
C. Tradisi
Penjelasan tentang tradisi adat NTT
D. Tarian Adat
Penjelasan dari tarian adat NTT

Cara mudahnya, kalau untuk rekan SMA mungkin bisa membuat daftar isinya lebih dahulu. Setelah itu baru mencari materi-materi yang sesuai pada daftar isi yang dibuat tersebut. Kalau bisa diikuti dengan penjelasan sendiri agar lebih bagus.

3) BAB III Penutup
Bagian terakhir adalah penutup. Pada bab penutup ini akan ada dua hal penting yang harus diberikan. Pertama yaitu mengenai kesimpulan atau simpulan makalah. Yang kedua yaitu tentang saran yang berkaitan dengan makalah.

Isi dari kesimpulan adalah menerangkan sebuah kesimpulan berupa apa yang telah disampaikan dibagian pembahasan dengan singkat. Sehingga pembaca dapat mengetahui dengan benar garis besar yang sudah dibahas dari pembahasan di atas. Sehingga pembaca dapat dengan mudah mengambil poin-poin pentingnya.

Pada bagian akhir menrangkan sebuah saran, yang tujuannya adalah sebagai sarana berkomuniskasi scara tidak langsung dengan pembaca. Saran ini bisa berati saran penulis untuk pembaca, atau bissa juga keterangan mengenai permintaan saran ari penulis untuk pembaca.