Contoh Laporan Study Wisata

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Koleksi Contoh Laporan Study Wisata Paling Lengkap - Kegiatan karya wisata atau study tour bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi siswa. Setelah itu siswa akan diminta menyusun sebuah laporan study wisata atau laporan study tour sebagai sarana pertanggungjawaban dari program tersebut.

Untuk jenis karya ilmiah tentu kita akan belajar menyusunnya dengan panduan bapak dan ibu guru. Biasanya di pelajaran bahasa Indonesia kita akan belajar teknik penulisan. Didalamnya kita belajar mengenai isi dari karya tersebut.

Kita juga belajar mengenai bagian-bagian karya tulis. Lebih jauh, dalam hal penulisan pun demikian. Kita akan dipandu untuk mengikuti kaidah penulisan baku pada sebuah karya ilmiah. Sama saja dengan jenis laporan ini.

1) laporan studi wisata
2) contoh laporan study tour
3) contoh laporan perjalanan study tour
4) cara contoh laporan study tour smp
5) artikel contoh laporan study tour smp
6) contoh laporan study tour mahasiswa
7) contoh laporan perjalanan study tour singkat
8) contoh laporan perjalanan study tour ke jawa timur

Sebagai referensi dalam menyusun laporan tersebut berikut akan dibahas beberapa contoh laporan study wisata secara lebih rinci lagi. Dibagian akhir nanti akan diberikan beberapa contoh yang lengkap. Ada yang dalam bentuk powerpoint dan ada juga dalam bentuk dokumen words (doc/docx).

A. Cuplikan Koleksi Contoh Laporan

Informasi dasar yang akan disusun dalam laporan ini sebenarnya tidaklah terlalu rumit dan susah seperti karya tulis lainnya. Laporan ini seyogyanya hanya akan berisi mengenai informasi sekitar kegiatan yang sebelumnya telah diikuti oleh para siswa. Dalam hal ini siswa akan dituntut untuk memberikan berbagai informasi terkait berbagai tempat yang telah dikunjungi selama kegiatan berlangsung. 

Informasi tersebut tentunya berdasarkan segala informasi yang diperoleh oleh masing-masing siswa. Secara sederhana saya dapat mengatakan bahwa laporan ini akan memberikan informasi tentang apa yang pelajar dapatkan selama kegiatan.

Meski demikian masih ada juga yang merasa sulit dan bingung ketika hendak menyusun tugas yang diberikan ini karena mereka pada dasarnya tidak memahami apa yang harus disampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya. 

Dalam hal ini saya menyarankan kepada sobat untuk membaca beberapa tips menyusun laporan study wisata agar mendapatkan gambaran mengenai bagaimana menyusun laporan ini.

Tak lupa, untuk memperkuat pemahaman mengenai penyusunan tugas ini saya akan berikan sedikit cuplikan daftar isi dari sebuah laporan study tour yang disusun juga oleh sobat pelajar. Silahkan dibaca cuplikan daftar isi dibawah ini untuk mengembangkan pemahaman sobat semua.

DAFTAR ISI

Halaman Judul............................................................................................... i
Halaman pengesahan..................................................................................... ii
Kata pengantar............................................................................................. iii
Daftar isi....................................................................................................... iv

BAB I PENDAHULIAN
   1.1 Latar belakang.......................................................................1
   1.2 Tujuan dan manfaat...............................................................1
   1.3 Metode pengumpulan data....................................................1

BAB II PEMBAHASAN
   2.1 Goa Jatijajar........................................................................ 2
   2.2 Kratin Yogyakarta.............................................................. 3
   2.3 Candi Prambanan............................................................... 4
   2.4 Candi Borobudur................................................................ 6
   2.5 Taman Pintar...................................................................... 10
   2.6 Kebun Binatang Gembiraloka............................................12

BAB III PENUTUP
   3.1 Simpulan.................................................................................13
   3.2 Saran........................................................................................13

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Di atas merupakan contoh daftar isi yang dapat digunakan dalam laporan ini. Dari daftar isi tersebut dapat diketahui apa saja isi yang ada didalam sebuah laporan tentu studi wisata. Selainjutnya silahkan pelajari dengan baik berbagai contoh yang disiapkan.

B. Contoh Laporan Study Wisata (study tour)

Meski saya khawatir dengan memberikan contoh ini akan memicu kegiatan penjiplakan yang memangkas kreativitas dan kepandaian siswa namun akan tidak lengkap pemahaman dan pengetahuan sobat semua tanpa sebuah contoh laporan yang dapat dipelajari. 

Untuk itu saya akan memberikan beberapa contoh sebagai bahan belajar sobat semua dengan catatan sobat tidak akan menelan mentah-mentah contoh yang diberikan untuk dijiplak. Silahkan simak beberapa contoh tersebut sebagai berikut: 


Agar tidak terlalu panjang, saya sudahi saja pembahasan mengenai Koleksi Contoh Laporan Study Wisata kali ini. Saya berharap dengan mempelajari contoh yang diberikan sobat akan lebih pandai lagi dalam menyusun sebuah laporan khususnya laporan study wisata ini.


Untuk referensi belajar kita semua akan terus ditambahkan lagi contoh-contoh lain yang lebih lengkap dan beragam. Tema lain juga akan menyusul untuk melengkapi yang sudah ada. Sementara ini silahkan dilanjutkan ke beberapa contoh yang sudah disiapkan.