Laporan Praktikum Kimia Reaksi Eksoterm dan Endoterm

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh karya tulis kali ini untuk rekan pelajar. Contoh ini yaitu mengenai Laporan Praktikum Kimia Reaksi Eksoterm dan Endoterm yang disusun berdasarkan hasil praktikum mata pelajaran kimia di sekolah. Bagaimana cara membuat tugas laporan kimia tersebut, mari langsung simak beberapa penjelasannya di update kali ini.

Di sekolah terkadang sebagai siswa kita dituntut untuk mempelajari dan mendalami berbagai teori dan mengujinya langsung seperti pada mata pelajaran yang satu ini. Biasanya kita diminta untuk membuktikan sesuatu melakukan praktikum yang dijadwalkan kemudian kita wajib membuat laporan mengenai hasil praktik yang telah dilaksanakan.

Isi Laporan Praktikum Kimia 

Laporan ini tidak begitu sulit untuk disusun setelah kita melaksanakan pratikum yang diminta. Kita hanya perlu mencatat apa-apa yang kita kerjakan untuk kemudian melaporkannya dalam laporan tersebut. Seperti apakah isi laporan ini, mari kita lihat contoh draft isi laporannya berikut ini.

  1. Judul
  2. Tujuan
  3. Dasar teori
  4. Alat dan bahan
  5. Cara kerja
  6. Data hasil pengamatan
  7. Pembahasan
  8. Pertanyaan 
  9. Kesimpulan

Hal di atas merupakan tata urutan yang dapat diadopsi dalam laporan ini. Isinya dimulai dari judul, tujuan sampai terakhir pada bagian kesimpulan. Yang perlu kita perhatikan lebih dalam adalah pada bagian dasar teori yang digunakan dalam praktikum, pembahasan serta bagian kesimpulan.

Pada bagian dasar teori kita harus mengungkapkan berbagai teori yang digunakan sebagai dasar penelitian dalam praktikum. Informasi ini harus lengkap dan jelas sehingga tidak menghalangi proses penelitian yang dilakukan selanjutnya. Untuk bagian pembahasan kita akan membahas praktikum yang dilakukan secara jelas dan lengkap sesuai dengan proses yang dilakukan. Sedangkan pada kesimpulan kita diharapkan dapat menyusun sebuah hasil dari pembahasan yang dilakukan melalui praktimum yang dilakukan. Disini kita harus mampu menyimpulkan dengan benar apa yang diperoleh dalam penelitian sebelumnya.

Contoh Pembahasan Praktikum Kimia Reaksi Eksoterm dan Endoterm

Jika rekan memerlukan sedikit gambaran mengenai isi dalam laporan ini maka silahkan dipelajari contoh bagian pembahasan pada praktikum kimia reaksi eksoterm dan endoterm yang akan disertakan berikut ini.

VII. PEMBAHASAN
Sebelum melakukan percobaan ini, kita harus mengetahui dulu apa yang dimaksud termokimia ? Termokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang perubahan kalor atau energi yang menyertai suatu reaksi kimia, baik yang diserap maupun yang dilepaskan. Jika kalor yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan lebih tinggi dibandingkan kalor yang dilepaskan pada saat pembentukan ikatan, maka reaksi tersebut membutuhkan kalor (endoterm).Jika kalor yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan lebih rendah dibandingkan kalor yang dilepaskan pada saat pembentukan ikatan, maka reaksi tersebut melepaskan kalor (eksoterm).

Seperti dalam kehidupan sehari-hari, pabrik atau kendaraan dapat bergerak karena adanya pembakaran bahan bakar yang menimbulkan panasdan tenaga karena adanya energi. Selain menghasilkan energi. Adapula reaksi yang berlangsung jika menyerap energi

Reaksi tersebut dikenal dengan nama reaksi eksoterm dan reaksi endoterm. Untuj menentukan jumlah energi atau panas yang terlibat dari reasksi-reaksi kimia, harus dipelajari dulu tentanng sistem, lingkungan perubahan entalpi dan hokum-hukum dalam suatu pengetahuan yang disebut temokimia.

Sedangkan hasil praktikum yang kami lakukan, bahwa saat kami memasukkan 100 ml aquades ke dalam gelas beker, suhu awal aquades adalah 28ºC. Saat kami memasukkan ± 5 pucuk kristal NaOH ke dalam gelas beker yang berisi aquades, suhu yang diperoleh dari percampuran aquades dan NaOH mengalami kenaikan suhu yaitu 33ºC, jadi reaksi ini disebut reaksi endoterm. Sedangkan. Saat kami memasukkan 100ml aquades dan ±5 pucuk spatula kristal NH4Cl ke dalam gelas beker, suhu yang diperoleh dari cmpuran aquades dan NH4Cl mengalami penurunan suhu yaitu 27ºC, jadi reaksi ini disebut reaksi eksoterm.

*** Bersambung ***

Meski tidak semua laporan akan sama namun semoga saja contoh pembahasan tersebut dapat memberikan inspirasi dan gambaran mengenai isi sebuah laporan praktikum yang berkaitan dengan materi ini. Meski semua murid melakukan pengujian yang sama berdasarkan teori yang sama sudah pasti hasil dan pembahasan serta laporan yang disusun akan berbeda satu sama lain, jadi silahkan buat sendiri laporan tersebut sesuai dengan kemampuan dan hasil yang ada dengan bantuan beberapa informasi yang sudah dibagikan di atas.

Reaksi Eksoterm dan Endoterm

Jika memang membutuhkan contoh lengkap laporan ini maka silahkan cek tautan diatas untuk menyalin laporan praktikum lengkapnya sebagai bahan belajar. Jika tautan di atas belum berfungsi maka kami mohon maaf dan pengertiannya karena belum dapat melengkapi contoh yang rekan butuhkan. Semoga usaha untuk memberikan referensi lengkap berbagai contoh karya tulis dapat terus berjalan dan makalah yang satu ini dapat lengkap dan menjadi salah satu referensi belajar kita bersama.