Makalah Islam Pada Masa Bani Abbasiyah di Baghdad

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Pada mata kuliah sejarah peradaban islam kita juga akan membahas mengenai atau mempelajari Islam Pada Masa Bani Abbasiyah di Baghdad. Kadang kala kita juga dituntut untuk menguasai materi tersebut dengan cara membuat sebuah makalah atau karya tulis. Nah, yang akan kita bahas kali ini bukan materi tentang hal itu tetapi tentang penyusunan makalahnya.

Sama dengan makalah lainnya, pada awal pembuatan makalah haruslah dibuat terlebih dahulu tentang halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Yang mengupas tentang keterangan pada bagian umum makalah, sebelum hingga akhirnya masuk ke dalam pembahasn pada bab pembahasan yang ada di makalah ini.

Halaman judul mempunyai sebuah fungsi sebagai pengenalan awal pada pembaca, terkait dengan judul, logo, nama instansi, penyusun, dan juga nama prodi. Halaman awal ini juga bisa dikatakan sebagai halama identitas pada makalah, yang memang dilihat dari fungsinya yang menerangkan sebuah keterangan identitas.

Kata pengantar mempunyai sebuah fungsi sebagai ungkapan pengantar penyusun kepada para pembaca sebelum akhirnya masuk kepada bab pembahasan. Isi dari kata pengantar sendiri meliputi kalimat yang mempunyai arti ungkapan terima kasih dan ungkapan syukur.

Sedangkan untuk bagian daftar isi mempunyai sebuah fungsi sebagai halaman yang tersusun sebuah daftar-daftar sub judul pada setiap babnya. Sehingga memberikan sebuah kemudahan sebelum hingga akhirnya pembaca membolak-balik secara terus menerus halaman yang ada di makalah tersebut.

Dengan adanya daftar isi ini, pembaca akan dimudahkan, mencari halaman yang diinginkan. Karena daftar isi tersebut memberikan sebuah daftar terkait sub judul, dan nomor halaman yang ada pada makalah. Untuk itulah dfatar isi mempunyai fungsi yang sangat memudahkan bagi para pembacanya. 

1) BAB I Pendahuluan
Di makalah ini bagian pendahuluan juga minimal akan terdiri dari tiga sub bab yang cukup penting. Ketiga-nya yaitu mulai dari latar belakang, rumusan masalah dan juga tujuan penulisan dari makalah. Seperti apa penyusunan ketiga sub tersebut, mari kita bahas satu persatu.

Latar belakang masalah adalah sebuah sub judul yang mempunyai sebuah penerangan tentang masalah yang ada dan berkaitan dengan isi makalah yang disampaikan. Pemilihan  masalah pada sub latar belanga masalah haruslah berkaitan dengan isi dan judul yang ada pada makalah ini. Sehingga pembaca tidak akan kebingungan.

Selanjutnya, rumusan masalah juga masih ada kaitannya dengan latar belakang masalah, hanya bedanya rumusan masalah dituliskan dengan sebuah penulisan yang singkat dan padat berbentuk kalimat pertanyaan. Masalah pada rumusan inilah yang nantinya akan dibahas lebih jauh untuk dicari jawabannya.

Contoh rumusan masalah makalah ini yaitu berupa Kapan berdirinya Bani Abbasiyah, bagaimana sistem politik, pemerintahan, dan sosial pada masa dinasti Bani Abbasiyah, bagaimana perjalanan sejarah tentang Bani Abbasiyah, kapan masa keemasan dinasti Bani Umayah, kapan kemunduran dinasti umayah, dan apa sebab kemundurannya.

Sedangkan untuk tujuan mempunyai sebuah pengertian kalimat yang menjelaskan tujuan dari pada penulisan. Sub bab tujuan ini pada pembuatannya akan mengacu pada rumusan masalah yang sudah ditetapkan. Sederhananya, tujuan dari pembuatan atau penyusunan makalah adalah untuk mencari jawaban dari masalah yang terdapat pada rumusan masalah.

Jadi, bisa dikatakan dengan kalimat sederhana bahwa tujuan penulisan adalah untuk mengetahui tentang apa-apa yang menjadi pertanyaan dalam rumusan masalah yang diambil.
Melihat dari rumusan masalahnya, contoh tujuan penulisan pada makalah ini yaitu antara lain untuk mengetahui awal berdirinya Dinasti Abassiyah, mengetahui sistem politik, pemerintahan, dan seterusnya sesuai dengan masalah yang diambil.

2) BAB II Pembahasan
Pembahasan mempunyai sebuah fungsi untuk memaparkan isi dengan terperinci sesuai dengan rumusan atau batasan masalah yang diambil. Isi tersebut tentu berkaitan dengan sebuah rumusan masalah dan tujuan yang sudah ditulis pada bagian bab I. Isi tersebut adalah inti dari pada makalah ini, sehingga haruslah dipaparkan dengan sejelas-jelasnya.

Cara membuat isi yang sejelas-jelasnya menurut rumusan masalah dan tujuan penulisan adalah dengan menyertakan sebuah sub judul pada bagian pembahasan. Yang fungsinya tentu memperjelas dan memudahkan pembaca menyimak materi dengan baik.

Berikut adalah sebuah kalimat yang bisa difungsikan sebagai sub judul pada makalah ini, yang antara lain yaitu sebagai berikut!

2.1 Awal Berdirinya Bani Abbasiyah
2.2 Sistem Politik, Pemerintahan dan Sosial
2.3 Periodesasi Masa Abbasiyah
2.4 Kemajuan Masa Abbasiyah
2.5 Kemunduran Dinasti Abbasiyah,
2.6 Sebab Kehancuran dinasti Abbasiyah.

Kalau melihat dari rumusan dan tujuan yang ada maka di pembahasan memang akan banyak poin informasi yang harus dijabarkan, bahkan mungkin terlalu banyak. Tapi ya memang seperti itu, di atas paling tidak ada 6 sub judul yang harus dijabarkan secara jelas.

Pada bagian pembahasan ini, kalau sudah mengetahui sub bab atau sub judul yang akan dibahas maka selanjutnya sebenarnya tinggal mencari dan mengolah informasi yang berkaitan dengan materi tersebut.

Tugas penulis selanjutnya adalah mencari informasi yang berkaitan dengan poin di atas, mencerna, menelaah dan mengkaji informasi tersebut serta menyampaikan kembali kepada pembaca melalui makalah yang dibuat.

Jadi, pembahasan ini bukan hanya semata-mata menyalin informasi dari sumber lain tetapi berisi penjelasan penulis yang didukung dengan referensi yang akurat. Agar lebih jelas anda bisa melihat contoh makalah yang disediakan.

3) BAB III Penutup
Selesai, dibagian penutup tinggal menyimpulkan apa yang sudah kita jelaskan panjang lebar di bab sebelumnya. Gampang-gampang susah, tapi kalau kita benar-benar membuat makalah ini dengan baik maka membuat kesimpulan tidak akan serumit membuat makalah ini dari awal sampai akhir.

Kesimpulan mempunyai penjelasan tentang inti atau pokok-pokok yang ada pada pembahasan. Sehingga pembaca akan lebih mengetahui dengan mudah pokok-pokok pembahasan, dengan adanya sub judul kesimpulan ini. Dan pembaca tentu tidak akan salah persepsi bila sudah mengetahui pokok bahasan pada isi.

Pada bagian saran mempunyai sebuah pengertian penulisan sebuah permintaan saran kepada para pembaca, khususnya dosen pengampu mata kuliah. Sehingga keterangannyapun, secara tidak langsung megajak para pembaca untuk sama-sama menilai hasil susunan makalah ini, yang mempunyai sebuah fungsi sebagai bahan evaluasi. 

Selanjutnya pada halaman terakhir sendiri jangan lupa juga untuk menulis daftar pustaka dan lampiran apabila ada. Untuk bagian daftar pustaka, menuliskan sebuah keterangan berupa keterangan literatur yang sudah disertakan dalam penyusunan makalah tersebut.

Daftar pustaka ini mempunyai fungsi yang sangat vital, karena tanpa sebuah daftar pustaka, maka mustahil pembaca mempercayai kandungan pada makalah tersebut. Jadi, semua yang dijelaskan di atas bukan semata-mata pendapat pribadi tetapi didukung juga dengan pendapat ahli, dari daftar pustaka tersebut semua akan jelas.