Karya Tulis Handphone dan Prestasi Belajar Siswa

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Karya Tulis Handphone dan Prestasi Belajar Siswa. Contoh karya tulis kali ini akan membahas mengenai karya tulis tentang pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa. Karya ini disusun sebagai salah satu tugas mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Dengan contoh yang membahas secara lebih mendalam mengenai hubungan antara handphone dengan prestasi belajar diharapkan kita dapat meminimalisir efek negatif penggunaan handphone tersebut dikalangan pelajar.

Seperti kita ketahui handphone adalah salah satu sarana komunikasi yang sangat berkembang sekarang ini. Selain fungsi utamanya yaitu sebagai alat komunikasi jarak jauh, handphone juga memiliki berbagai kemajuan yang dapat memanjakan penggunanya. Hal ini dapat kita lihat dari adanya fasilitas atau fitur-fitur baru seperti mp3 player, video player dan juga internet browser.

Indikasi efek negatif yang ditimbulkan dari penggunaan handphone di kalangan pelajar adalah pada penggunaan sarana tambahan tersebut dimana para pelajar cenderung lebih memanfaatkan teknologi komunikasi ini secara berlebihan.

Meski terdapat indikasi seperti itu namun pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa tetaplah harus diteliti lebih dalam dan dibuktikan secara ilmiah agar kesimpulan yang didapat dari penelitian tersebut dapat dijadikan patokan dalam upaya pencegahan efek negatif yang ditimbulkan tersebut. Melalui karya tulis ini kita dapat mencoba menggali lebih dalam mengenai fenomena tersebut.

Materi Karya Tulis tentang Pengaruh Handphone dan Prestasi Belajar Siswa

Sebagai bahan awal dalam pengkajian atau penelitian yang menitik beratkan pada isu tersebut berikut ini akan dipaparkan beberapa materi yang dapat disusun, dikembangkan dan digunakan dalam karya tulis ini. Materi-materi tersebut dapat dilihat dalam draft berikut ini.

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR KELOMPOK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan
C. Manfaat

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Handphone
B. Prestasi Belajar
C. Siswa

BAB III METODE PENELITIAN
A. Metode Pengumpulan Data
B. Metode Analisis Data

BAB IV PEMBAHASAN
A. Pengaruh Perkembangan Perangkat Handphone bagi Lingkungan
B. Akibat Jika Para Remaja Dilarang Menggunakan Handphone
C. Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Dari draft di atas tentunya kita bisa mengambil beberapa pertimbangan tentang berbagai materi yang dapat dijadikan bahan dalam penyusunan makalah ini. Sengaja kami sertakan draft lengkap mulai dari awal sampai daftar pustaka agar sobat yang membutuhkan juga dapat mengetahui tentang tata penyusunan makalah tersebut. Dengan demikian kita memiliki sedikit gambaran tentang isi dari masing-masing bab yang akan disusun.

Contoh Karya Tulis Handphone dan Prestasi Belajar Siswa

Supaya lebih mantap lagi, ada baiknya kita juga melihat contoh karya tulis yang membahas topik tersebut. Untuk itulah selanjutnya akan diberikan sedikit cuplikan dari contoh tersebut sebagai bahan pertimbangan dan referensi bersama.

Pada contoh berikut akan diberikan contoh untuk bab I pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan serta manfaat penelitian yang akan dilaksanakan. Langsung saja silahkan secara detail dibaca contoh yang ada berikut.

BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan pada keadaan anak-anak remaja sekarang yang dijadikan sebagai pelaku-pelaku kehidupan zaman sekarang. Di zaman era globalisasi ini mereka hidup dengan seiring perkembangan IPTEK yang memunculkan perangkat mutakhir yang kemampuan perangkat tersebut sangat jauh melaju cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Peralatan itu adalah handphone. Istilah handphone ini ada yang menyebutnya HP. Perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan anak didik. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua, karena punya anak yang tidak ketinggalan zaman. Orang tua menyadari akan pentingnya HP bagi anaknya dengan berbagai alasan. Sehingga HP, dewasa ini bukan barang mewah lagi atau bukan kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Pergeseran nilai terhadap HP merupakan masalah baru bagi pelajaran ekonomi, “kalau demikian pengetahuan tentang kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dalam bidang ekonomi perlu disesuaikan”. Keberhasilan HP menggerogoti pikiran orang, tak disadari imperialisme budaya pun merajalela. kini HP adalah sakunya anak didik. HP juga mempengaruhi etika tingkah laku penggunanya. Dan HP dapat menjauhkan individu dari lingkungan masyarakat.

Permasalahan timbul sebenarnya bukan dari perangkat tersebut di zaman sekarang ini, akan tetapi kalangan pengguna perangkat tersebut yang menyalahgunakannya. Sekarang ini banyak anak-anak di bawah umur yang sudah menggunakan handphone dengan berisikan aplikasi atau software yang beberapa isinya sebenarnya tidak layak dioperasikan oleh anak-anak. Handphone menjadi karya baru yang begitu cepat perkembangannya, menjadi media komunikasi yang canggih dan tiada batasan. Selain dampak positif, ternyata juga menimbulkan dampak negatif yang tidak kalah besarnya dari dampak positifnya.

Pengawalan di dunia maya internet sangat longgar dan hampir tidak ada aturan yang mengikatnya. Perkembangan besar ini tidak direncanakan, jadi belum pernah ada seorangpun yang benar-benar berwenang atas world wide web. Sampai sekarangpun belum ada. Beberapa bagian web diorganisasikan sebagai contoh, alokasi nama ranah (domain/alamat web). Tetapi tak seorangpun yang menelusuri apa yang dimasukkan ke dalam web tersebut dan tidak ada aturan yang diterima secara internasional. Banyak orang merasa ini bagus, yang lainnya berpikir kita tetap membutuhkan kendali.

Seiring berkembangnya handphone, ternyata situasi psikologi anak juga mengalami reaksi yang beraneka macam. Ada dari mereka yang menggunakan handphone untuk menambah nilai pelajaran sekolah, juga ada yang justru membuat siswa malas dan sering membuang waktu di depan handphone. Banyak juga yang menyalahgunakannya untuk bertindak dan bertingkah laku menyeleweng dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Lebih parah lagi ternyata budaya anak-anak juga semakin cepat pertumbuhannya, dengan ada aplikasi-aplikasi yang seharusnya hanya boleh dilihat oleh orang dewasa.

B. Tujuan
Adapun tujuan dari karya tulis ilmiah ini:
  1. Mengetahui perkembangan handphone pada zaman sekarang.
  2. Mengetahui dampak dari penggunaan handphone.
  3. Untuk mengetahui pengaruh perkembangan handphone bagi pengguna kalangan remaja khususnya.
  4. Untuk mengetahui akibat bagi remaja jika para remaja tersebut dipisahkan atau dilarang menggunakan perangkat handphone.

C. Manfaat
Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh karya tulis ilmiah ini:
  1. Bagi penulis, dapat mengetahui pengaruh handphone terhadap remaja masa kini.
  2. Bagi pembaca, penelitian ini sangat berguna terutama sebagai bahan untuk perkembangan motivasi siswa-siswi.

Lengkap sudah uraian tentang Karya Tulis Handphone dan Prestasi Belajar Siswa kali ini. Lain waktu akan diberikan berbagai contoh terkait lainnya sebagai bahan referensi kita bersama. Mudah-mudahan setelah kita mempelajari berbagai contoh yang dibahas di blog ini kita akan lebih mampu dan lebih mudah dalam melaksanakan penelitian dan penyusunan karya tulis sesuai yang ditugaskan di sekolah.

Jangan lupa untuk melihat-lihat juga beberapa contoh lain yang dibutuhkan. Silahkan lihat juga saran penelusuran yang ada pada bagian bawah.

Penelusuran yang terkait dengan Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa
pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa blogs
cara pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa
pengaruh hp terhadap etika siswa
positif handphone
artikel pengaruh handphone bagi pelajar
manfaat handphone bagi siswa
fungsi handphone bagi pelajar