Contoh Makalah tentang Penyakit Demam Berdarah Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Makalah Penyakit Demam Berdarah - Masih dengan contoh karya tulis, sekarang kita akan belajar lebih dalam mengenai penyakit demam berdarah. Tentu saja, materi nya akan tersusun seperti dalam sebuah makalah lengkap. Berikut akan langsung diberikan contoh makalah lengkap berkaitan dengan tema tersebut. Anda membutuhkannya?

Jelas seperti tersebut dalam judul artikel ini maka Makalah Penyakit Demam Berdarah ini akan berisi berbagai informasi penting tentang demam berdarah. Didalamnya terdapat beberapa informasi seperti misalnya:
1. Definisi Penyakit Demam Berdarah
2. Gejala Penularan Penyakit
3. Gejala Umum
4. Proses Inkubasi
5. Faktor Penyebab
6. Proses Penyembuhan

Selain beberapa informasi penting di atas tentu akan ada juga beberapa bagian awal seperti misalnya pendahuluan dan tujuan penulisan. Untuk dapat lebih jelas dalam memahaminya silahkan langsung simak Makalah Penyakit Demam Berdarah Lengkap tersebut di bawah ini.

Pada bagian 1 pendahuluan ini akan ada dua jenis informasi, yang pertama akan dipaparkan mengenai latar belakang masalah dan yang kedua akan dijelaskan juga mengetani tujuan penulisan pada makalah tersebut.

Penyakit Dengue maupun penyakit demam berdarah Dengue adalah penyakit infeksi yang banyak dan sering berjangkit di daerah tropis, termasuk penyakit infeksi Tropis. (Tropic Infection). Masalah kesehatan di tentukan oleh faktor perilaku dan faktor non perilaku (lingkungan dan pelayanan). Perbaikan lingkungan fisik dan peningkatan lingkungan sosio budaya serta peningkatan pelayanan kesehatan diperlukan agar masyarakat menjadi sehat. 

Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopyctus. Faktor – faktor yang mempengaruhi kejadian Demam Berdarah Dengue sangat kompleks, antara lain iklim dan pergantian musim, kepadatan penduduk, mobilitas penduduk dan transportasi. 

Berdasarkan kejadian dilapangan dapat diidentifikasikan factor utama adalah kurangnya perhatian sebagian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggal. Sehingga terjadi genangan air yang menyebabkan berkembangnya nyamuk. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang jumlah penderitanya cenderung meningkat dan penyebarannya semakin meluas.

Penyakit DBD sering berakibat fatal akibat penanganannya yang terlambat. Demam Berdarah Dengue (DBD) disebut juga dengue hemorrhagic fever (DHF), dengue fever (DF), demam dengue (DD), dan dengue shock syndrome (DSS). 

Di Indonesia, penyakit DBD termasuk salah satu penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah. Sampai saat ini DBD di Indonesia masih merupakan penyakit yang sering berjangkit merupakan penyakit musiman. Seperti penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di Sleman akibat kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai mengendur. Terlebih di lingkungan huntara maupun huntap wilayah Gondang I yang rawan genangan air sehingga memicu berkembangnya jentik-jentik nyamuk.

Demam Berdarah Dengue mulai menyerang penghuni selter Gondang I cangkringan Kabupaten Sleman. Dalam beberapa minggu ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mencatat bahwa ada tiga warga penghuni selter positif terjangkit DBD, sedangkan belasan warga lainnya juga mengalami gejala yang sama menyerupai kasus penyakit DBD. Secara teoritis ada 4 cara untuk memutuskan rantai penularan demam berdarah dengue, yaitu: melenyapkan virus, isolasi penderita, mencegah gigitan nyamuk dan pengendalian vector. Untuk pengendalian vector dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Namun, hingga saat ini masih belum optimal. 

Banyaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah gondang I perlu diketahui bagaimana gejala DBD, gejala penularan DBD, faktor-faktor penyebab penyakit dan dibutuhkan cara untuk menanggulangi, membrantas, dan mencegah agar tidak bertambahnya penderita DBD.

Contoh Makalah tentang Penyakit Demam Berdarah Lengkap
Contoh Makalah tentang Penyakit Demam Berdarah Lengkap
http://adf.ly/qjZlB
)* copy paste link di atas untuk menyalin makalah lengkapnya

Pada bagian penutup tentu kita akan memberikan suatu kesimpulan tentang segala informasi yang sudah dijelaskan di bab sebelumnya. Selain kesimpulan akan diberikan juga sedikit saran. Setelah itu, dibagian akhir akan disertakan juga daftar pustaka terkait materi yang diberikan.

Banyaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah gondang I karena Wilayah tersebut rawan dengan genangan air sehingga memicu berkembangnya jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti. Selain itu diidentifikasikan faktor utama adalah kurangnya perhatian sebagian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggal,Sehingga terjadi genangan air yang menyebabkan berkembangnya nyamuk.

Bagi Masyarakat. Masyarakat harus merubah pola perilaku dan kebiasaan hidup yang tidak sehat yang memicu timbulnya penyakit.

Bagi Pemerintah. Pemerintah harus secepatnya mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah bertambah meluasnya wabah DBD (Demam Berdarah Dengue).

Daftar Pustaka
Misnadiarly. 2009. Demam Berdarah Dengue (DBD). Jakarta: Pustaka Populer Obor

Soedarto. 1996. Penyakit-Penyakit Infeksi di Indonesia. Surabaya: Widya medika Surabaya

Widoyono. 2011. Penyakit Tropis. Jakarta: Erlangga