Contoh Kesimpulan dan Saran Makalah

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Kesimpulan dan Saran Makalah - Meski hanya beberapa lembar saja kesimpulan dan saran merupakan bagian yang terkadang sulit untuk kita buat khususnya bagi kita yang belum terbiasa menyusun karya tulis. Untuk itulah pada kesempatan ini akan kita pelajari bersama beberapa contoh untuk kesimpulan dan saran ini.

Kesimpulan adalah inti sari dari berbagai ulasan yang sebelumnya telah di buat, kesimpulan ini merupakan hasil akhir dari kajian pada suatu karya tulis. Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampaikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan. Dalam hal ini tentu kesimpulan adalah hasil jawaban dari rumusan masalah yang sebelumnya telah ditetapkan dalam sebuah makalah. 

Dalam membuat kesimpulan untuk makalah ada beberapa unsur yang harus masuk di dalamnya agar sesuai dengan standar umum pembuatan makalah, yaitu:
  1. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentukanya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasar referensi)
  2. Isi dalam kesimpulan sebaiknya mengandung saran-saran yang ditujukan kepada pembaca
  3. Kesimpulan makalah sebaiknya dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Dalam membuat kesimpulan karya tulis ilmiah, hindari menyimpulkan materi yang tidak dibahas dalam pembahasan makalah.

Secara umum persyaratan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf pada kesimpulan makalah, serupa dengan persyaratan bahasa pada naskah utama. Perbedaan terdapat pada pilihan kata terutama kata-kata transisi yang cenderung menunjukkan hubungan penegas, misalnya: dengan demikian, jadi; dapat disimpulkan bahwa, fakta menunjukkan adanya kecenderungan, hubungan yang menyatakan hasil atau akibat, misalnya: jadi, hasilnya, akibatnya.

Kesimpulan dapat disajikan dalam bentuk paragraf semacam esai dan dapat pula berupa butir-butir rincian. Jika rumusan masalah dalam pendahuluan ada dua butir, kesimpulan sekurang-kurangnya juga dua butir.
Dalam skripsi, judul kesimpulan diawali dengan bab menjadi bab kesimpulan ditulis dengan huruf kapital seluruhnya. Dalam makalah, judul tanpa bab, langsung kata kesimpulan. Agar lebih jelas lagi mengenai kesimpulan dan saran makalah tersebut silahkan lihat contoh berikut.

BAB V 
PENUTUP


Kesimpulan
Islam masuk ke Australia pada abad 19 M, dibawa oleh para pengembara dari Afganistan. Para pengembara Afganistan tersebut lama-lama mampu mendirikan masjid di Broken Hill dan New South Wales, selanjutnya ke Perth ibukota Australia Barat dan Adelaide ibukota Australia Tengah.

Premier Australia Barat, Alan Carpenter MLA pernah mengatakan, bahwa kedatangan Islam sudah ada sejak 1860 seiring dengan mulai dipekerjakannya para penunggang unta asal Afghanistan dalam ekspedisi keluarga Burke dan Wills. Alan Carpenter menyebut masjid paling pertama dibangun di australia justru berada di Perth. Sejak masjid pertama yang didirikan tahun 1905 untuk menampung jamaah muslim Afghanistan yang bekerja sebagai penunggang unta dan muslim India yang bekerja sebagai pengusaha, kini terdapat setidaknya 10 masjid di Perth.

Merujuk data milik Administrasi Imigran, jumlah kaum muslimin di Australia mencapai 700.000 jiwa.
Menurut catatan, kaum muslimin di negara Australia ikut berperan membantu menaklukkan pedalaman Australia yang semua belum tersentuh manusia.

Diantara upaya yahudi dalam menghalangi dakwah Islam di masas-masa awal perkembangannya adalah : Pemboikotan, Membangkitkan fitnah dan kebencian, Menyebarkan keraguan pada diri kaum muslimin, Memata-matai kaum muslimin dan Usaha memfitnah Rasulullah SAW.

Kegagalan dakwah di Australia terjadi karena Islam sering diwarnai dengan kekerasan, komunitas muslim hampir diseluruh bagian dunia ter-expose dengan kekerasan didalamnya dari dunia paling timur di Afrika, asia dan bahkan di Eropa.

Kritik Dan Saran
Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada kami.

Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf, Alfa dan lupa.

Wabillah Taufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


================================================
BAB V 
PENUTUP

1. Kesimpulan
Seiring dengan berkembangnya zaman dari waktu ke waktu, yang kemudian disebut sebagai era Globalisasi, pengaktualisasian pengamalan-pengamalan Pancasila dan UUD 1945 dalam berbagai bidang dikehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sangat penting. Ini demi kebaikan dan kemajuan bersama.

Globalisasi tidak bisa dihindari, yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikannya dengan kehidupan yang bermoral dan beragama di Indonesia. Jika kita hanya bisa menyesuaikan diri dengan era globalisasi tanpa menyaring dengan kebudayaan Pancasila, maka hanya akan sia-sia saja dan justru akan mengalami kemunduran. Kemunduran moral khususnya. 

2. Kritik dan Saran
Menurut saya, masih banyak hal-hal di Indonesia yang perlu diperbaiki demi menyambut era globalisasi. Bidang-bidang dasar seperti politik, ekonomi, sosial & budaya, serta hukum harus banyak mengalami perubahan mengarah kepada yang lebih baik.

Globalisasi tidak bisa kita hindari, tetapi kita perlu untuk tetap menanamkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 demi terciptanya Indonesia yang lebih maju namun tetap mempertahankan ciri ke-Indonesia-an-nya. Saya yakin meskipun secanggih-canggihnya perubahan zaman nanti, apabila kita tetap berpegang teguh terhadap kedua pedoman tersebut, maka kehidupan negara ini akan menjadi semakin baik kedepannya, amin


=================================================
BAB V 
PENUTUP


5.1 Kesimpulan 
Dari hasil pembahasan tentang Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada PT Kumpulan Cotoh Makalah, maka diambil kesimpulan : 

  1. Dengan adanya system informasi ini, maka pihak Perusahaan dapat lebih muda menyajikan informasi tentang penjualan dan pengadaan barang 
  2. Mempermudah informasi penjualan dan pengadaan barang pada PT Kumpulan Cotoh Makalah, baik dalam pencarian data, proses pengadaan dan penjualan maupun dalam pembuatan laporan 
5.2 Saran 
Untuk pengembangan lebih lanjut maka penulis memberikan saran yang sangat bermafaat dan dapat membantu manajemen PT Kumpulan Cotoh Makalah untuk masa yang akan dating, yaitu : 
  • Perlunya penambahan peralatan computer dalam penerapannya dengan system yang dijalankan sehingga operasi kerja sangat cepat dan tepat. 
  • Untuk mengoptimalkan penggunaan computer, dianjurkan untuk melatih dan membimbing user atau pengawai sebagai operator computer.
Semoga dengan belajar dari Contoh Kesimpulan dan Saran Makalah di atas kita bisa lebih memahami bagaimana menyusun kesimpulan serta saran pada suatu karya tulis. Silahkan gunakan contoh di atas sebagai gambaran dan referensi, semoga bermanfaat.