Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen LengkapAbad 20 yang lalu sering disebut abad informasi karena kenyataan bahwa informasi sangat penting dalam kehidupan manusia, termasuk juga dalam kehidupan bisnis.dengan informasi manusia dapat memperoleh apa yang telah terjadi pada lingkungannya bahkan dari luar lingkungannya. Informasi dari berbagai unsur perusahaan menjadi perhatian bagi para manajer perusahaan dalam pelaksanaan transaksi-transaksi yang dilakukan perusahaan.

Tanpa informasi internal maupun informasi eksternal, sulit bagi para manajer untuk mengambil berbagai keputusan dalam perusahaan. Informasi internal harus disiapkan sendiri oleh berbagai unsur perusahaan, sedangkan informasi eksternal diperoleh baik dari alat-alat komunikasi modern seperti mass-media, alat-alat komunikasi seperti telepon, handphone, TV, atau dari internet.

Kemajuan alat komunikasi pada milenium ketiga semakin mempermudah perolehan informasi dari berbagai sumber untuk berbagai kepentingan terutama dalam berbagai pengambilan keputusan didalam perusahaan, itulah sebabnya sangat dirasakan pentingnya mengelola informasi secara terintegrasi pada setiap organisasi perusahaan. Oleh karena itulah fokus utama dari sistem informasi manajemen adalah bagaimana mengelola informasi sebaik-baiknya agar dapat menjadi alat pembantu bagi setiap manajer dalam pengambilan keputusan. 

Sistem informasi manajemen telah ada jauh sebelum teknologi informasi yang berbasiskan computer hadir. Akan tetapi dengan adanya computer sebagai salah satu bentuk revolusi dalam teknologi informasi, computer telah dengan menakjubkan mampu memproses data secara cepat dan akurat bahkan menyajikan informasi yang sekiranya dilakukan secara manual tanpa bantuan computer memerlukan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Dalam kenyataannya, peran Sistem Informasi Manajemen akan lebih terasa bagi perusahaan-perusahaan besar. Bagi perusahaan-perusahaan besar, kebutuhan untuk mengumpulkan data dan informasi secara skala besar dan dalam waktu yang cepat lebih dirasakan kepentingannya berbanding dengan perusahaan-perusahaan menengah apalagi kecil. Oleh karena itu, dalam aplikasinya, suatu perusahaan perlu menimbang-nimbang kepentingan penggunaan sistem informasi ini diantaranya berdasarkan dari skala perusahaan, jumlah tenaga kerja, pola komunikasi serta jaringan perusahaan dalam dunia bisnis dalam lingkungannya.

Yang di atas tersebut adalah latar belakang untuk Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen yang akan anda baca. Untuk mengetahui apa saja pembahasan yang ada di dalam contoh makalah tersebut berikut silahkan di baca daftar isinya terlebih dahulu.

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan

BAB II TINJAUAN TEORI
A. Informasi
B. Sistem
C. Sistem Informasi Manajemen

BAB III PEMBAHASAN
A. Sistem Informasi Manajemen
B. Komponen dalam Sistem Informasi Manajemen
C. Fungsi, Tugas dan Tujuan SIM

BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Untuk gambaran lebih lanjut mengenai contoh makalah lengkap ini anda bisa membaca dan memperhatikan rumusan masalah serta tujuan penulisan yang di rumuskan sebagai berikut:

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan kami bahas antara lain:
1. Mengapa kita perlu mempelajari Sistem Informasi Manajemen ?
2. Bagaimana Sistem Informasi Manajemen mengubah Bisnis ?

C. Tujuan
Untuk mengetahui seberapa penting sistem informasi manajemen dalam bisnis.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu sistem manusia/mesin yang terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung fungsi-fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan di dalam organisasi. . Sistem informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.

Sistem infomasi manajemen sendiri memiliki 5 komponen, yaitu : Sistem Pemprosesan Data (Data Proscesing System), Sistem Pelaporan Manajemen ( Management Reporting System), Sistem Pendukung Dalam Pengambilan Keputusan (Decision Support System), Sistem Otomasi Kantor (Office Automatic System) dan Sistem Pintar (Expert System). Sistem Informasi Manajemen memiliki dua fungsi utama. yaitu fungsi pengumpulan data internal maupun eksternal dan fungsi pemrosesan data menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pengambil keputusan manajemen.



Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen Lengkap
http://q.gs/7XpJj
)* copy paste alamat di atas untuk menyalin contohnya


Pembuatan makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, karena keterbatasan sumber yang kami peroleh. Sehingga isi dari makalah ini masih bersifat umum, oleh karena itu kami harapkan agar pembaca bisa mencari sumber yang lain guna membandingkan dengan pembahasan yang kami buat, guna mengkoreksi bila terjadi kesalahan dalam pembuatan makalah ini.

Silahkan gunakan Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen Lengkap ini sebagai tambahan bahan referensi yang anda butuhkan. Untuk mendapatkan contoh lengkapnya silahkan download makalah ini dari tautan yang telah disediakan.

Jangan lupa bagikan juga makalah ini pada rekan lain di facebook atau media sosial yang anda miliki. Dengan membagikannya anda telah ikut berpartisipasi dalam pengembangan referensi makalah yang banyak anda butuhkan. Lain waktu anda bisa mencari contoh lain yang anda butuhkan disini. Itu saja, semoga bermanfaat.