Cara Penulisan Daftar Isi Karya Tulis

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Bukan hal gampang untuk Menulis Daftar Isi Karya Tulis, jika belum paham membuat satu halaman ini saja sudah cukup memusingkan. Sebenarnya kita tidak akan mengalami hal tersebut jika sudah tahu caranya bagaimana. Untuk membuat daftar isi hal ter-sulit sebenarnya hanya terletak pada penulisan, dimana biasanya banyak yang belum tahu cara membuat titik-titik pada daftar isi. Disini kita akan belajar bersama-sama untuk menyusun sebuah daftar isi khususnya dalam hal penulisannya.

Sekali belajar pasti akan tahu dan tidak akan mengalami lagi kesulitan dalam menulis daftar isi ini. Kalau masalah isi atau poin yang ada dalam halaman ini anda bisa melihat pada pembahasan sebelumnya yang juga sudah dilengkapi dengan contoh sekaligus. Anda bisa mempelajari mengenai hal itu di pembahasan Contoh Daftar Isi Makalah.

Dalam pembahasan sebelumnya tersebut, anda bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai poin dalam sebuah daftar isi, selain itu anda juga akan mendapatkan berbagai contoh yang dibutuhkan. Bisa langsung lihat dari tautan yang disertakan tersebut.

Susunan Penulisan Daftar Isi 

Jika boleh dibagi, daftar isi ini terdiri dari tiga bagian yaitu yang pertama sendiri memuat daftar halaman depan, setelah itu memuat mengenai isi bab karya tulis, dan yang terakhir akan tertera daftar pustaka dan lampiran.

Dalam penulisannya, terdapat judul yang ditulis rata tengah, ditulis menggunakan huruf besar semua. Setelah judul halaman tersebut akan kita tulis berbagai halaman depan karya tulis yang disusun. Halaman-halaman tersebut biasanya terdiri dari:

1. Halaman judul
2. Motto
3. Kata Pengantar
4. Halaman pengesahan
5. Halaman persembahan
6. Daftar isi

Pada karya tulis sederhana biasanya yang akan dibuat hanya beberapa saja yaitu antara lain halaman judul, kata pengantar dan daftar isi. Selanjutnya, setelah itu kita akan menuliskan isi bab dari makalah yang dibuat, beberapa contoh penulisannya terdiri dari:

1. Judul bab
2. Sub judul bab

Judul bab ditulis dengan huruf besar semua dan tidak diberi nomor (penomoran), sedangkan untuk subjudul akan ditulis dengan huruf besar kecil yang diikuti dengan nomor halaman. Untuk bagian bab isi akan ditulis berurutan mulai dari bab I sampai terakhir. Untuk lebih jelas mengenai contoh penulisan daftar isi tersebut silahkan lihat gambar berikut.

Gambar: Contoh Daftar Isi Karya Tulis Yang Rapih

Penulisan daftar isi makalah akan ditutup dengan bagian halaman terakhir yaitu daftar pustaka dan lampiran. Untuk lampiran, jika makalah yang ditulis tidak memiliki lampiran maka tidak perlu dicantumkan kata "lampiran" dalam daftar isi yang dibuat.

Membuat Titik-Titik pada Daftar Isi

Kalau hanya menulis daftar isi saja tentu bisa dengan mudah untuk kita lakukan. Yang susah biasanya adalah saat kita harus membuat titik-titik daftar isi. Kebanyakan yang belum tahu mereka membuat titik-titik tersebut dengan menggunakan cara biasa yang dengan menekan tombol titik pada keyboard sampai pada sisi kanan halaman. Hasilnya bagaimana, coba perhatikan gambar berikut!

Cara Penulisan Daftar Isi Karya Tulis
Gambar: Contoh penulisan titik-titik pada daftar isi

Tentu saja, dengan menekan "tombol titik" saja pada keyboard tidak akan menghasilkan titik-titik daftar isi yang sesuai dengan kebutuhan. Coba lihat, pada bagian akhir (yang ada nomor halaman) jelas sekali terlihat bahwa titik-titik tersebut tidak rata, tidak lurus sama sekali (bagian gambar yang di silang merah).

Sebagai pembanding, pada gambar di atas perhatikan bagian daftar isi yang diberi centang biru, jika anda lihat panjang titik-titik sama, nomor halaman juga sama yaitu lurus. Bagian itu dibuat dengan menggunakan teknik yang benar yaitu dengan menggunakan fasilitas ms word yang tersedia. Lalu bagaimana cara membuat titik-titik otomatis pada daftar isi tersebut?

Untuk membuat titik-titik otomatis pada daftar isi caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan pengaturan tab, anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:
1. Blog baris daftar isi yang akan diberi titik-titik
2. Buka pengaturan tab stop position
3. Tentukan nilai tab stop position, misalnya "13" cm.
4. Pada bagian alignment pilih left
5. Pada bagian leader pilih yang isinya titik-titik

Langkah di atas kita lakukan untuk memberikan titik-titik pada tab pertama dengan ukuran tab sepanjang 13 cm. Jadi, saat anda menekan tombol tab maka space tab akan diisi dengan titik-titik. Setelah sampai pada langkah lima kita akan membuat tab kedua yaitu untuk membuat perataan bagian luar untuk nomor halaman dengan langkah sebagai berikut

6. Tentukan nilai tab stop position (harus lebih besar dari yang pertama) contoh 14 cm
7. Pilih right pada bagian alignment
8. Bagian leader kita pilih yang None
9. Klik OK

Cara Penulisan Daftar Isi Karya Tulis
Gambar: Tab Stop Position untuk membuat titik-titik otomatis

Untuk lebih jelas dari langkah di atas silahkan perhatikan pada gambar di atas. Bagian yang ditandai warna merah adalah bagian untuk menentukan tab stop position yang pertama sedangkan tanda biru untuk tab stop position yang kedua.

Setelah selesai dengan langkah di atas maka setelah menulis kalimat pada daftar isi, untuk memberikan titik-titik otomatis anda tinggal menekan tombol tab. Sampai disini mudah bukan?

Nah, itulah tadi sedikit yang bisa dipaparkan kali ini untuk Cara Penulisan Daftar Isi Karya Tulis, semoga dengan adanya panduan ini kita tidak akan mendapatkan kesulitan lagi saat membuat makalah atau karya tulis khususnya dalam membuat halaman daftar isi.