Kumpulan Contoh Makalah Pendidikan Lengkap

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Contoh Makalah Pendidikan - Dunia pendidikan merupakan arena penting yang begitu menjadi tumpuan dan harapan banyak orang. Karena itu pula banyak sekali penelitian-penelitian yang berkaitan dengan dunia pendidikan ini. 

Nah, pada kesempatan ini, masih berhubungan dengan dunia pendidikan saya akan sedikit berbicara mengenai contoh makalah yang membahas mengenai tema pendidikan secara lengkap disertai contoh yang dapat di salin. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langsung paparan singkat berikut ini.

Contoh Makalah Pendidikan Baru

Sebagai gambaran mengenai apa yang akan dibahas dalam sebuah makalah pendidikan saya akan langsung memberikan secuil contoh makalah pendidikan yang merupakan koleksi baru. Contoh ini tidak akan diberikan secara menyeluruh tetapi saya hanya akan memberikan sebuah cuplikan dari bab pendahuluan saja. Berikut cuplikan contoh terbaru makalah pendidikan berjudul Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan.

PERAN & PERANAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN 

DAFTAR ISI

BAB I PERAN KEPEMIMPINAN
1.1 Pengertian Peran Kepemimpinan
1.2 Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan
1.3 Peranan Kepemimpinan Dalam Pendidikan

BAB II MACAM-MACAM PERANAN KEPEMIMPINAN
2.1 Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia
2.2 Peran Kepemimpinan dalam Pengambilan Keputusan
2.3 Peran Kepemimpinan dalam Membangun Tim
2.4 Peran Pembangkit Semangat
2.5 Peran Menyampaikan Informasi

BAB III PERANAN KONFLIK
3.1 Pengertian Konflik
3.2 Jenis-Jenis Konflik
3.3 Sumber Konflik
3.4 Peranan Pemimpin Dalam Mengendalikan Konflik

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran

BAB I  PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang
Sudah diketahui bahwa kepemimpinan dalam manajemen pendidikan sangat diperlukan didalam manajemen pendidikan karena pada dasarnya setiap instansi atau lembaga pendidikan diperlukan sebuah figur seorang pemimpin, alasan pemilihan judul didalam artikel ini adalah untuk mengetahui hakikat pemimpin, tipe-tipe dari pemimpin, dan faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan didalam manajemen pendidikan. Menurut Bachtiar Surin yang dikutip oleh Maman Ukas bahwa perkataan khalifah berarti penghubung atau pemimpin yang diserahi untuk menyampaikan atau memimpin sesuatu.

Dalam kegiatannya bahwa pemimpin memiliki kekuasaan untuk mengerahkan dan mempengaruhi bawahannya sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Pada tahap pemberian tugas pemimpin harus memberikan suara arahan dan bimbingan yang jelas, agar bawahan dalam melaksanakan tugasnya dapat dengan mudah dan hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut kodrat serta irodatnya bahwa manusia dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Sejak Adam diciptakan sebagai manusia pertama dan diturunkan ke Bumi, Ia ditugasi sebagai Khalifah fil ardhi. Sebagaimana termaktub dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 30 yang berbunyi : “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat”; “Sesungguhnya Aku akan mengangkat Adam menjadi Khalifah di muka Bumi”. Menurut Bachtiar Surin yang dikutif oleh Maman Ukas bahwa “Perkataan Khalifah berarti penghubung atau pemimpin yang diserahi untuk menyampaikan atau memimpin sesuatu”.

Dari uraian tersebut jelaslah bahwa manusia telah dikaruniai sifat dan sekaligus tugas sebagai seorang pemimpin. Pada masa sekarang ini setiap individu sadar akan pentingnya ilmu sebagai petunjuk/alat/panduan untuk memimpin umat manusia yang semakin besar jumlahnya serta komplek persoalannya. Atas dasar kesadaran itulah dan relevan dengan upaya proses pembelajaran yang mewajibkan kepada setiap umat manusia untuk mencari ilmu. Dengan demikian upaya tersebut tidak lepas dengan pendidikan, dan tujuan pendidikan tidak akan tercapai secara optimal tanpa adanya manajemen atau pengelolaan pendidikan yang baik, yang selanjutnya dalam kegiatan manajemen pendidikan diperlukan adanya pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin.

B. Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skill)? 
  2. Apa saja yang menjadi landasan hukum kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skill)? 
  3. Apa saja jenis kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skill)? 
  4. Bagaimana Konsep dalam kurkulum berbasis kecakapan hidup (life skill)? 
C. Tujuan Masalah
  1. Memahami dam mengerti definisi dari kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skill). 
  2. Mengetahui dasar hukum landasan kurikulumberbasis kecakapan hidup (life skill) 
  3. Mengetahui jenis dan prinsip kurikulum yang berbasis kecakapan hidup (life skill). 
  4. Memahami konsep / pola kurikulum berbasis kecakapan hidup (life skill). 
Itulah sedikit cuplikan untuk contoh makalah yang dapat saya sertakan pada ulasan kali ini. Dengan melihat contoh diatas saya yakin sekarang anda sedikit memiliki gambaran mengenai isi dari sebuah makalah pendidikan. Jika anda membutuhkan makalah ini, pada pembahasan lain saya akan menyertakan makalah ini secara lengkap melalui tautan untuk menyalin atau download makalah tersebut.

Contoh Makalah Pendidikan Lengkap 

Pada kesempatan selanjutnya setelah pembahasan ini saya akan terus menguraikan contoh-contoh untuk makalah pendidikan dengan lengkap agar dapat digunakan sebagai bahan penelitian dan contoh untuk penyusunan makalah serupa. Sementara ini contoh lengkap dari makalah pendidikan yang dapat dibahas dan dipelajari sebagai berikut:
  1. Peran dan Peranan Kepemimpinan Pendidikan
  2. Mewujudkan Kepemimpinan Sukses Berbasik Tasawuf
  3. Kepemimpinan Kepala Sekolah
  4. Kepemimpinan Dan Kearifan Lokal
  5. Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Kerjasama Tim
  6. contoh makalah pendidikan dasar
  7. contoh makalah pendidikan karakter
  8. contoh makalah pendidikan bahasa indonesia
  9. contoh makalah pendidikan anak usia dini
  10. contoh makalah pendidikan kewarganegaraan
  11. contoh makalah pendidikan pancasila
  12. contoh makalah pendidikan agama islam
  13. contoh makalah pendidikan islam
Kumpulan Contoh Makalah Pendidikan Lengkap

Beberapa contoh diatas akan saya bahas lengkap tentunya secara terpisah dari pembahasan kali ini. Jadi, untuk anda yang membutuhkan contoh dari makalah-makalah yang sudah saya sebutkan diatas silahkan langsung saja menuju ke pembahasan yang ada melalui tautan diatas.

Perlu saya ingatkan bahwa jika anda berharap akan menemukan contoh lengkap makalah-makalah tersebut dalam setiap pembahasan berarti anda salah karena pada setiap pembahasan saya hanya akan sedikit menyajikan cuplikan dari isi makalah tersebut yang bisa saja dari bab I, ii atau bab lainnya. Namun, jika anda membutuhkan saya tentunya juga akan memberikan kesempatan untuk menyalin contohnya secara lengkap dari halaman judul sampai penutup melalui tautan salin atau download yang saya sediakan pada masing-masing pembahasan.

Itu saja yang dapat saya uraikan sebagai pengantar mengenai pembahasan tentang Contoh Makalah Pendidikan ini. Semoga apa yang saya bahas dan bagikan disini bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
http://surtachi.wordpress.com/2012/04/03/makalah-kepemimpinan-pendidikan-4/