Ibu Bersalin Dengan Letak Sungsang – KTI Akbid

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Satu lagi contoh KTI Akbid yang akan saya bahas yaitu karya tulis ilmiah tentang ibu bersalin dengan letak sungsang. Pada contoh ini akan dibahas contoh bab i pendahuluan termasuk latar belakang dan rumusan masalah KTI. Skripsi akademi kebidanan ini dapat disusun dengan judul "Gambaran Karakteristik Ibu Bersalin Dengan Letak Sungsang Di Rsud ... Periode Januari – Desember 2007". Contoh selengkapnya berikut!

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2006, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih berada pada angka 205 per 100.000 kelahiran hidup atau setiap jam terdapat dua orang ibu bersalin meninggal dunia karena berbagai sebab, sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) khususnya angka kematian bayi baru lahir (neonatus) masih berada pada 20 per 1000 kelahiran hidup (www.mailarchive.com/proletar@yahoo.28-12-07)

Menyadari kondisi tersebut. Departemen kesehatan pada tahun 2000 telah menyusun rencana strategi jangka panjang untuk menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi baru lahir, dengan sebutan “Making Pregnancy Safer (MPS)” melalui 3 pesan kunci yaitu setiap persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan terlatih, setiap komplikasi obstetri dan neonatal mendapat pelayanan yang adekuat, dan setiap wanita usia subur mempunyai akses terhadap pencengahan kehamilan yang tidak di inginkan dan penanganan komplikasi keguguran. Dari pelaksanaan MPS, target yang di harapkan dapat dicapai pada tahun 2010 adalah angka kematian ibu menjadi 125 per 100.000 kelahiran hidup dan angka kelahiran bayi baru lahir menjadi 15 per 1000 kelahiran hidup.

Angka kematian bayi pada persalinan letak sungsang lebih tinggi bila dibandingkan dengan letak kepala. Di Rumah Sakit Karjadi Semarang, Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung di dapatkan angka kematian perinatal masing-masing 38,5%, 29,4% dan 16,8%. Easman melaporkan angka kematian perinatal antara 12-14%. Sebab kematian perinatal yang terpenting ialah prematuritas dan penanganan persalinan yang kurang sempurna (Prawirohardjo, 2005).

Angka kejadian presentasi bokong pada kehamilan setelah 37 minggu berkisar antara 5-7%, sedangkan trimester ke dua (21-24 minggu) sebesar 33% dan pada awal trimester ke tiga (29-32 minggu) sebesar 14%.

Penatalaksanaan persalinan pada presentasi bokong di Amerika Serikat 90% dilakukan dengan Sectio Cesarea, presentasi bokong yang di jumpai pada kehamilan 29-32 minggu 75% mengalami versi spontan sedangkan pada kehamilan 38 minggu versi spontan sebesar 18%.

Penyebab utama kematian perinatal tanpa kelainan kongenital : robekan tentorium cerebelli akibat traksi pada hiperekstensi kepala, trauma pada medulla spinalis. Hiperekstensi kepala pada persalinan presentasi bokong, menyebabkan sudut antara geraham dan vertebra lebih dari 105 derajat, prolapsus tali pusat juga terjadi pada 0,5% persalinan dengan presentasi bokong murni, bokong sempurna 4-5%, kaki 10%. Adapun pada kelainan kongenital terdapat 6-18% pada presentasi bokong di bandingkan pada presentasi kepala hanya 2-3% (Marjono, 1999).

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di RSUD Online - Blog Contoh Karya Tulis di dapat ibu bersalin dengan letak sungsang pada tahun 2007 sebanyak.... kasus dari... ibu bersalin di RSUD Online - Blog Contoh Karya Tulis.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2007 yang menunjukan masih tingginya angka kejadian letak sungsang di Rumah Sakit Umum Cibinong sehingga penulis tertarik mengambil judul “Gambaran Karakteristik Ibu bersalin dengan Letak Sungsang di RSUD Cibinong tahun 2007”.

1.2 Rumusan Masalah
Angka kejadian sungsang pada kehamilan… minggu didapatkan…letak sungsang/presentasi bokong, pada kehamilan trimester ke dua (21-24 minggu) sebanyak..dan pada awal trimester ke tiga (29-32 minggu) sebanyak…dengan karakteristik yang berbeda seperti : paritas, riwayat persalinan yang lalu, jenis persalinan.

Silahkan lihat pembahasan kti lainnya seperti yang terdapat dalam daftar contoh KTI Kebidanan Terlengkap yang ada di bawah ini.
  1. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi
  2. Status Gizi Ibu Hamil - KTI Kebidanan Terlengkap
  3. Gambaran Karakteristik Ibu Hami (Bumil)
  4. Ibu Hamil Dengan Resiko Tinggi Kehamilan
  5. Bersalin Dengan Ketuban Pecah

Itulah tadi sedikit pembahasan saya mengenai Ibu Bersalin Dengan Letak Sungsang – KTI Akbid kali ini. Update ini seperti yang lainnya akan terus diperbaharui dan direvisi sehingga dapat dijadikan rujukan yang layak untuk berbagai contoh karya tulis yang dibutuhkan. Semoga membantu!