Makalah Singkat Tentang Akhlak Terhadap Diri Sendiri

Ditulis oleh: Contoh Karya Tulis -
Advertisement
Demi meningkatkan kualitas hidup kita sebagai seorang muslim berikut akan kita ulas mengenai sebuah makalah singkat yang membahas tentang akhlak – akhlak terhadap diri sendiri. Disini kita akan mempelajari pengertian akhlak terhadap diri sendiri dan macam-macam akhlak tersebut. 

Akhlak terhadap diri sendiri pada dasarnya mutlak diperlukan oleh semua manusia utamanya bagi seluruh umat muslim. Seorang muslim adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Siapapun dia, seorang muslim tentu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diperbuat terhadap dirinya sendiri. 

Oleh karena itulah, Islam memandang bahwa setiap muslim harus menunaikan etika dan akhlak yang baik terhadap dirinya sendiri, sebelum ia berakhlak yang baik terhadap orang lain. Dan ternyata hal ini sering dilalaikan oleh kebanyakan kaum muslimin. Untuk itulah materi akhlak terhadap diri sendiri ini sangatlah penting untuk dipahami, dipelajari dan diteladani. 

Materi Makalah Tentang Akhlak Terhadap Diri Sendiri

Isi dari makalah singkat ini meliputi berbagai hal mengenai topic yang telah ditentukan, sebagai gambarannya berikut sebuah daftar isi dari makalah yang sudah jadi untuk digunakan sebagai bahan dalam menyusun makalah yang dibutuhkan. 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Manfaat Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Akhlak Pada Diri Sendiri
B. Akhlak Seorang Muslim Pada Diri Sendiri
1) Bertaubat dan Menjauhkan Diri dari Dosa Besar
2) Bermuraqabah
3) Bermuhasabah
4) Mujahadah

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

Sebenarnya masih ada materi lain yang dapat dimasukkan kedalam pembahasan makalah ini namun disini kita buat versi singkatnya saja sehingga akan lebih mudah dalam penyusunan makalah tersebut. Jika sobat ingin memperlengkap materi yang ada mungkin dapat memasukkan beberapa informasi lain seperti:
  1. Ruang Lingkup Bimbigan Akhlak
  2. Berakhlak Terhadap Jasmani
  3. Berakhlak Terhadap Akalnya
  4. Berakhlak Terhadap Jiwa
Semua materi tentunya tergantung kepada sobat semua apakah ingin membuat makalah dengan informasi yang lengkap atau informasi yang sedikit saja. 

Download Makalah Tentang Akhlak Diri Sendiri

Untuk makalah yang sedang kita bahas ini ada sebuah contoh yang dapat digunakan sebagai bahan belajar dalam menyusun makalah yang sejenis. Contoh makalah tersebut dapat di salin (download) untuk dapat digunakan sebagai referensi secara gratis melalui tautan atau link yang sudah disediakan.

Download Makalah Tentang Akhlak Terhadap Diri Sendiri


Download 
Makalah Tentang Akhlak Diri Sendiri

Dengan adanya pembahasan tentang akhlak terhadap diri sendiri ini diharapkan pembaca dapat menentukan sikap yang baik terhadap dirinya sehingga jasmani dan ruhaninya tetap terjaga. Akan lebih baik apabila setiap manusia senantiasa melakukan akhlak terpuji bagi dirinya sendiri dengan demikian manusia akan bisa menjadi insan kamil. 

Semoga pembaca lebih berusaha untuk memahami dan menerapkan akhlak-akhlak kharimah utamanya akhlak terhadap dirinya sendiri sehingga kehidupannya selalu disertai dengan kebahagiaan.